KINERJA STRUKTUR GEDUNG BETON BERTULANG HASIL DESAIN METODE PERPINDAHAN LANGSUNG DENGAN DAN TANPA FAKTOR KUAT LEBIH

Yudit Agus Priambodo

Sari


Metode Direct Displacement Based Design (DDBD) atau Metode Perpindahan Langsung sebagai metode alternatif dalam desain bangunan gedung tahan gempa. Menurut P., Yosafat, 2007, karena gaya geser dasar yang dipakai dalam perencanaan adalah gaya geser dasar pada saat leleh pertama, maka diasumsikan gaya geser dasar ultimit metode DDBD dikoreksi dengan cara membaginya dengan faktor kuat lebih total struktur yang pada saat itu sesuai SNI 1726-2002. Makalah ini membahas kinerja struktur hasil dari analisis metode DDBD dengan dan tanpa faktor kuat lebih menurut SNI 1726-2019 pada gedung bertingkat beton bertulang yang diterapkan pada gedung bertingkat 5 (empat) lantai 3D di Kota Ternate. Hasil perbandingan antara struktur yang didesain dengan Metode DDBD dengan dan tanpa faktor kuat lebih menunjukkan bahwa Metode DDBD dengan gaya geser rencana tanpa dibagi dengan faktor kuat lebih menghasilkan respon struktur yang lebih baik yaitu terjadinya mekanisme kelelehan pada balok. Dengan demikian sangat baik untuk bangunan tahan gempa. Sedangkan struktur yang didesain dengan Metode DDBD dengan faktor kuat lebih terjadinya mekanisme kelelehan pada kolom.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Priestley, M.J.N, Calvi, G.M and Kowalsky, M.J., Displacement Based Seismic Design of Structure. IUSS Press. Pavia, 2007.

Dewobroto, W., “Evaluasi Kinerja Struktur Baja Tahan Gempa dengan Analisa Pushoverâ€, Civil Engineering National Conference : Sustainability Construction & Structural Engineering Based on Professionalism – Unika Soegijapranata, Semarang 17-18 Juni 2005.

Tavio dan Wijaya , U., Desain Rekayasa Gempa Berbasis Kinerja, Yogyakarta : Penerbit ANDI, 2018.

P., Yosafat, “Studi perencanaan berbasis perpindahan: metode direct-displacement based design studi kasus pada rangka beton bertulang bertingkat rendahâ€, JurnalTeknik Sipil, vol 7, no. 2, hal : 99 – 118, Feb, 2007.

Wijaya, C. dan Wijaya, S.W., “Evaluasi Kinerja Direct Displacement Based Design dan Force Based Design Bangunan Irregular Plan 6-Lantaiâ€, Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2013.

Muljatia, I., Asisia, F., Willyantoa, K., “Performance of force based design versus direct displacement based design in predicting seismic demands of regular concrete special moment resisting framesâ€, The 5th International Conference of Euro Asia Civil Engineering Forum, Procedia Engineering 125 ( 2015 ) 1050 – 1056.

SNI 1726:2019 : Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan non gedung, Badan Standarisasi Nasional, 2019.

(2020) Desain Spektra Indonesia. [Online]. Available http://rsapuskim2019.litbang.pu.go.id/

SNI 2847:2019 : Persyaratan beton structural untuk bangunan gedung dan penjelasan (ACI 318M-14 dan ACI 318RM-14, MOD), Badan Standarisasi Nasional, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v10i1.1798

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :

Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter