STRATEGI PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA BANGUNAN WISATA EDUKASI ISLAM DI KOTA TERNATE

Riady Alim Syaputra, Mustamin Rahim, Muhammad Amrin Conoras

Sari


Kota Ternate merupakan salah satu daerah kesultanan namun seiring dengan perkembangan dunia modern nilai-nilai Islam mulai tergerus sehingga perlu pengembangan sarana dan prasarana edukasi Islam. Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan konsep desain wisata edukasi Islam di Ternate melalui studi literatur, studi lapangan, dan desain bangunan. Wisata edukasi olahraga Islam yang potensial dikembangkan di Kota Ternate adalah olahraga yang dianjurkan dalam Islam yaitu: panahan, berenang, dan berkuda. Ketiga olahraga tersebut terwadahi dalam perancangan wisata edukasi olahraga Islam yang menekankan ciri khas arsitektur Islam pada tampilan bangunan yaitu penggunaan warna, bentuk kubah, dan ornamen Islam Arabesque dengan pola linier bergulir dan berirama atau garis lurus. Perancangan wisata edukasi olahraga Islam ini sebagai rekomendasi bagi pemerintah Kota Ternate dan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan wisata edukasi Islam di tempat lain.

Kata kunci: Wisata Edukasi, Olahraga Islam, Arsitektur Islam, Kota Ternate


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badriyah, S. F., Achdiani, Y., Ana. 2019. Pendapat Peserta Tentang Manfaat Pelatihan Panahan Untuk Pengembangan Karakter Tangguh pada Program Kelas Reguler Panahan Al Fatih. Jurnal Family Edu, V(1), 22–29.

Utama, D. A. P. 2020. Perancangan Pusat Olahraga Islami di Bekasi Dengan Pendekatan Arsitektur Biofilik. Tugas Akhir Arsitektur, UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Wahiduddin-Khan, M. 2016. Muhammad: Sang Nabi Revolusioner Dunia Resensi. PT. Pustaka Alvabet.

Taufiqurrohman. 2016. 3 Olahraga Utama Anjuran Nabi. PT. Pusat Ilmu.

BPS-Ternate. 2018. Badan Pusat Statistik Kota Ternate dalam Angka 2018.

Serageldin, I. 1998. Historic Cities in Islamic Societies. Prosiding Seminar FT UGM.

Irawan, R. F., Sumaryoto, Muqoffa, M. 2019. Penerapan Arsitektur Islam pada Perancangan Islamic Center Kabupaten Brebes. Jurnal Senthong, 2(1), 301–310.

Irnawan, D. 2013. Pondok Pesantren Mandiri Putra di Boyolali dengan Pendekatan Arsitektur Islam. Tugas Akhir Arsitektur, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prodi Arsitektur, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Ibrahim, M. 2016. Perancangan Wisata Edukasi Olahraga Islam (Berkuda, Berenang dan Memanah) di Kota Wisata Batu (Tema : Arsitektur Ekologi). Tugas Akhir Arsitektur, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Nurfarida, R. 2018. Perancangan Pusat Pengembangan Olahraga dan Kesenian Islam dengan Pendekatan Konsep Seni Islam Al-Faruqi di Jombang. Tugas Akhir Arsitektur, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Sativa. 2011. Arsitektur Islam atau Arsitektur Islami?. Jurnal Nalars, 10(1), 29–38.

Fikriarini, A. 2010. Arsitektur Islam: Seni Ruang dalam Peradaban Islam. Jurnal El-Harakah, 12(3), 194–206.

Rasdi, M., Tajuddin, M. 2003. Traditional Moslem Architecture in Malaysia. Monograph Kalam Vol.2, UTM Malaysia.

Shochfah, I. I., Nurjayanti, W. 2013. Identifikasi Karakter Bangunan Islami pada Pesma Putri KH. Mas Mansur UMS. Jurnal Sinektika, 13(1), 43–51.

Utaberta, N. 2007. Permasalahan dan Pendekatan Studi Tentang Problems and Study Approaches Toward Islamic. Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi, 6(2).

Utaberta, N. 2011. Rekonstruksi Pemikiran, Filosofi dan Perancangan Arsitektur Islam Berbasiskan Al-Qur’an dan Sunnah. Simposium Alam Bina Serantau Universiti Kebangsaan Malaysia.

Saoud, R. 2013. Principles of Islamic Architecture. The Oxford Encyclopedia of Philosophy/Science/Technology in Islam.

Edwards, et al. 2006. Courtyard Housing: Past, Present, Future. Abingdon. U.K.: Taylor and Francis.

Rahim, M. 2015a. Konsep Arsitektur Ekologis dalam Mengurangi Konsumsi Energi pada Bangunan di Maluku. Jurnal Archipelascape, 2(2), 10–20.

Rahim, M. 2015b. Penghematan Konsumsi Energi pada Bangunan dalam Mengurangi Efek Pemanasan Global. Jurnal Archipelascape, 2(1), 63-69.

Rahim, M., Hamzah, B. 2018. Indoor Thermal Environment in Tropical Archipelago City. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1–7.

Fauzi, R., Mandaka, M., Sasmito, A. 2020. Pondok Pesantren Modern di Semarang dengan Pendekatan Arsitektur Islam. Journal of Architecture, 6(2), 140-146.

Umairoh, S., Nurjayanti, W. 2020. Kajian Seni Islam pada Masjid Hj. Sudalmiyah Rais Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 15(2), 57-62.




DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v11i1.2899

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :

Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter