ANALISIS KERUSAKAN JALAN METODE SDI & IRI RUAS JALAN BANGAU SAKTI-PEKANBARU

Edi Yusuf Adiman

Sari


Ruas jalan Bangau sakti merupakan jalan yang menghubungkan jalan HR. Soebrantas dan jalan Naga Sakti. Jalan Bangau Sakti juga menjadi jalur lalu lintas mahasiswa-mahasiswi Universitas Riau dan masyarakat sekitar yang tinggal disana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi perkerasan jalan dan membandingkan dengan dua metode, yaitu International Roughness Index (IRI) dan Surface Distress Index (SDI) serta mengetahui jenis penanganan yang dibutuhkan dengan tepat. Penilaian kondisi perkerasan jalan dengan metode SDI dilakukan secara visual dengan cara survei lapangan, sedangkan untuk nilai IRI didapatkan dengan cara survei menggunakan mobil dan aplikasi Roadroid. Hasil dari penilaian jalan menggunakan SDI adalah 54% dalam keadaan baik, 15% dalam keadaan sedang dan 31% dalam keadaan rusak berat. Namun pada IRI Roadroid, rata-rata dari kedua ruas jalan adalah 77% dalam keadaan baik, 10% dalam keadaan sedang, 11% dalam keadaan rusak ringan dan 2% dalam keadaan rusak berat. Selain itu nilai yang berbeda ditunjukkan saat analisis kombinasi IRI dan SDI nomor SMD-03/RCS yang menunjukkan kondisi jalan pada ruas Jalan Bangau Sakti adalah 54% dalam keadaan baik, 12% dalam keadaan sedang, 23% dalam keadaan rusak ringan dan 11% dalam keadaan rusak berat. 

Teks Lengkap:

87 - 96

Referensi


R.P. Hasibuan dan M.S.Surbakti, 2019 “Studi Hubungan Pavement Condition Index (PCI) dengan Nilai International Roughness Index (IRI) pada perkerasan lentur“, Jurnal Tek.Sipil USU

T Arianto, M Suprapto, Syafi'i, 2017 “Pavement Condition Assessment Using IRI from Roadroid and Surface Distress Index Method On National Road In Sumenep Regencyâ€, IOP Material Science And Engineering.

Tho’atin Setyawan, Suprapto, 2016 “Penggunaan Metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) dan Pavement Condition Index (PCI) untuk Penilaian Kondisi Jalan di Kabupaten Wonogiriâ€, Prosiding Semnastek.

Nisumanti, S., & Prawinata, D. 2020, “Penilaian Kondisi Jalan Menggunakan Metode International Roughness Index (IRI) dan Surface Distress Index (SDI) pada Ruas Jalan Akses Terminal Alang-Alang Lebar (Studi Kasus: Sp. Soekarno Hatta – Bts. Kota Palembang Km 13)â€, Jurnal Tekno Global, Volume 09 No. 2.

Direktorat Jendral Bina Marga, 2011, “Indonesia Integrated Road Management System (IIRMS)â€, Panduan Survei Kondisi Jalan, Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga.




DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v12i2.3717

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :

Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter