Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Tol Balikpapan-Samarinda Pasca Kenaikan Tarif

Muhammad Tahrir

Sari


Kota Samarinda dan Kota Balikpapan sebagai pusat penggerak roda perekonomian di Kalimantan Timur memiliki jalan tol sebagai jalur alternatif untuk mobilitas pergerakan orang, barang dan jasa sehingga tidak mengalami berbagai macam kendala. Sesuai Undang-Undang nomor 38 tahun 2004 tentang jalan disebutkan bahwa pengguna jalan tol dikenakan kewajiban membayar tol yang digunakan untuk pengembalian investasi, pemeliharaan dan pengembangan jalan tol. Persepsi masyarakat sebagai pengguna jalan yang menjadikan jalan tol sebagai jalan alternatif adalah dengan biaya yang dikeluarkan akan memberikan nilai berupa penghematan dalam biaya operasional kendaraan, waktu tempuh, kenyamanan, keamanan dan fasilitas penunjang. Adanya kenaikan tarif Tol Balikpapan-Samarinda mulai tanggal 26 April 2023 tentu berdampak pada meningkatnya biaya yang harus dikeluarkan oleh para konsumen pengguna jalan tol, untuk mengetahui dampak kenaikan tarif tol terbaru tersebut terhadap tingkat kepuasan masyarakat pengguna jalan tol Balikpapan-Samarinda maka dilakukan penelitian ini. Metode penelitian bersifat Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan analisis Skala Likert dan Kelas Interval untuk mendeskripsikan persepsi pengguna jalan tol, maka didapatkan hasil bahwa pengguna tol kurang puas terhadap kenaikan tarif tol Balikpapan-Samarinda.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Agustaniah and A. Wicaksono, “Biaya Perjalanan Kendaraan Ruas Jalan Arteri Primer dan Rencana Tol Penghubung Kota Samarinda-Balikpapan,” in Prosiding Simposium Nasional FSTPT ke-24, 2021. Accessed: Jul. 31, 2023. [Online]. Available: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT

B. Sitorus, T. I. H. Sitorus, and S. Subandi, “Peningkatan Jaringan Transportasi di Provinsi Kalimantan Timur Dalam Mendukung Aksesibilitas Wilayah,” Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTranslog), vol. 03, no. 1, pp. 29–40, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.54324/j.mtl.v3i1.136.

D. Gunawan and C. M. D. Boonastria, “Delivery System pada Rencana Pembangunan Jalan Tol Jangka Panjang,” Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia, vol. 8, no. 1, pp. 71–80, 2022, Accessed: Jul. 31, 2023. [Online]. Available: https://journal.unpar.ac.id/index.php/HPJI/article/view/5562

A. A. , Kadzafi and M. Khamim, “Penyusunan Project Planning Pembangunan Jalan Tol Balikpapan–Samarinda Seksi 2.2,” Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), vol. 2, no. 3, pp. 195–201, 2021, doi: https://doi.org/10.33795/josmrk.v2i3.843.

I. F. Panjaitan and M. S. Surbakti, “Analisa Tarif Jalan Tol Berdasarkan Pendekatan Willingness To Pay (WTP) dan Ability To Pay (ATP)(Studi Kasus: Rencana Jalan Tol Medan-Binjai),” Jurnal Teknik Sipil USU, vol. 2, no. 3, 2013.

Herdi Alif Al Hikam, “Tarif Tol Balikpapan-Samarinda Naik, Ini Daftarnya!,” www.detik.com, 2023. https://finance.detik.com/infrastruktur/d-6690345/tarif-tol-balikpapan-samarinda-naik-ini-daftarnya (accessed Apr. 26, 2023).

S. Effendi, “Analisis Tingkat Pelayanan dan Penentuan Tarif Tol Rencana Ruas Jalan Samarinda-Balikpapan,” Kurva S Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 2097–2098, 2018, Accessed: Jul. 31, 2023. [Online]. Available: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/4815

N. Novianti, E. Endri, and D. Darlius, “Kepuasaan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan,” MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, vol. 8, no. 1, pp. 90–108, Mar. 2018, doi: 10.22441/mix.2018.v8i1.006.

S. Rio Sasongko, “Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021, doi: https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.

R. Hermawan, R. B. Frazila, A. Awang, and J. Jihanny, “Hubungan Antara Variasi Tarif Tol dengan Pendapatan dan Tingkat Pelayanan,” Jurnal Teknik Sipil ITB, vol. 20, no. 1, pp. 55–66, 2013, doi: https://doi.org/10.5614/jts.2013.20.1.7.

D. P. Sari, B. Sandrini Salasa, N. Asriatul K, H. Frisca, and D. Yoma, “Kajian Pengaruh Dampak Rencana Kenaikan Tarif Jalan Dan Fasilitas Tol Terhadap Pengguna Jalan Tom Balsam (Balikapapan-Samarinda),” Jurnal Teknik AMATA, vol. 3, no. 2, pp. 66–70, 2022.

D. E. Siregar and K. Kariono, “Evaluasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pembangunan Jalan Lingkungan di Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan Tahun 2012,” Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal)), vol. 5, no. 1, pp. 20–35, 2015, doi: 10.31289/jap.v5i1.1068.

H. Riajaya, K. Orlando, and P. L. Samputra, “Analisis Tingkat Kepuasaan Masyarakat terhadap Kebijakan Tarif Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) di Jakarta-Bekasi,” Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, vol. 5, no. 2, pp. 141–162, 2019, doi: https://doi.org/10.24815/jped.v5i2.13196.

M. H. F. Rangkuty and A. A. Tarigan, “Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kebijakan Tarif Tol Medan Tebing Tinggi,” Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), vol. 2, no. 2, pp. 191–202, 2022, doi: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i2.2604.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 128–137, Dec. 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

E. Suwandi, H. Fitri Imansyah, and H. Dasril, “Analisis tingkat kepuasan menggunakan skala likert pada layanan speedy yang bermigrasi ke indihome,” Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, vol. 1, no. 1, 2018, Accessed: Aug. 02, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan/issue/view/868




DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v13i2.6518

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :

Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter