Analisis Karakteristik Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Raya Kletek dengan Metode Greenberg Berbasis Sistem Informasi Geografis

Kamal - Fikkri, Hendrata Wibisana

Sari


Abstrak: Jalan Raya Kletek merupakan jalan arteri yang terletak di Kecamatan Taman, Kabupaten
Sidoarjo. Dikarenakan volume yang tinggi dan terus bertambah, perlu dilakukan analisis karakteristik
lalu lintas. Analisis karakteristik lalu lintas dilakukan dengan metode Greenberg untuk mencari
hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan. Dilakukan juga identifikasi terhadap tingkat
pelayanan jalan ditinjau dari kapasitas ruas jalan tersebut. Dalam melakukan analisis, MKJI dijadikan
sebagai acuan metode karena telah disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di Indonesia. Data primer
yang dibutuhkan berupa jumlah kendaraan, geometri jalan, dan kecepatan kendaraan yang diperoleh
dari pengamatan langsung di lapangan. Data sekunder yang dibutuhkan yaitu peta RBI Kabupaten
Sidoarjo. Didapatkan hasil analisis karakteristik lalu lintas berupa volume maksimum (Qmaks) =
3322.999 smp/jam, kecepatan saat volume maksimum (Vm) = 11,18 km/jam, kepadatan maksimum
(Dm) = 297.218 smp/km, kepadatan jenuh (Dj) = 807.923 smp/km, dan kecepatan bebas (Vf) = 64.962
km/jam. Indeks Tingkat Pelayanan Jalan (ITP) termasuk ke dalam kelas F (Arus Terhambat). Penerapan
Sistem Informasi Geografis dilakukan dengan menggunakan hasil penelitian tersebut sebagai data
atribut dalam peta tematik karakteristik lalu lintas. Koefisien determinasi (R2) rata-rata dari seluruh
segmen adalah 0,298, sehingga metode greenberg kurang cocok digunakan pada ruas Jalan Raya Kletek
Sidoarjo.
Kata kunci: Karakteristik Lalu Lintas, Metode Greenberg, Sistem Informasi Geografis.

Abstract: Kletek Highway segment is an arterial road located in Taman District, Sidoarjo Regency. Due
to the high and growing volume, it is necessary to analyze the traffic characteristics. Traffic
characteristics analysis was conducted using the Greenberg method to find the relationship between
volume, speed, and density. An identification of the level of service of the road in terms of the capacity
of the road section was also carried out. In conducting the analysis, MKJI is used as a reference method
because it has been adapted to traffic conditions in Indonesia. The primary data required are the
number of vehicles, road geometry, and vehicle speed obtained from direct observation in the field. The
secondary data needed is the Sidoarjo Regency RBI map. The results of the analysis of traffic
characteristics in the form of maximum volume (Qmax) = 3322,999 smp / hour, the speed at maximum
volume (Vm) = 11.18 km / hour, maximum density (Dm) = 297,218 smp / km, saturation density (Dj) =
807,923 smp / km, and free speed (Vf) = 64,962 km/hour. The Road Service Level Index (ITP) is included
in class F (Obstructed Flow). The Geographic Information System was applied by using the research
results as attribute data in the thematic map of traffic characteristics. The average coefficient of
determination (R2) of all segments is 0.298, so the greenberg method is less suitable for use on the
Kletek Sidoarjo Highway segment.
Keywords: Traffic Characteristics, Greenberg Method. Geographic Information System.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Salim, Manajemen Transportasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

C. J. Khisty and B. K. Lall, Dasar-dasar Rekayasa Transportasi. Jakarta: Erlangga,

N. Praditya, E. Rahmadona, and K. R. Amalia, “Sistem Informasi Geografis Untuk

Pemetaan Kondisi Jalan Di Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin,” Bear. J. Penelit.

dan Kaji. Tek. Sipil, vol. 7, no. 4, p. 202, 2022, doi: 10.32502/jbearing.v7i4.5496.

J. Of, C. Engineering, A. I. Syah, H. Susila, F. Teknik, and U. T. Pembangunan,

“ANALISIS HUBUNGAN VOLUME , KECEPATAN DAN KEPADATAN LALU

LINTAS RUAS JALAN SOLO – PURWODADI,” vol. X, no. X, 2023.

H. S. Djajoesman, Polisi dan Lalu Lintas. Bandung: Bina Aksara, 1976.

B. Saputra and D. Savitri, “Analisis Hubungan antara Volume, Kecepatan dan

Kepadatan Lalu-Lintas Berdasarkan Model Greenshield, Greenberg dan Underwood,”

J. Manaj. Aset Infrastruktur Fasilitas, vol. 5, no. 1, pp. 43–60, 2021, doi:

12962/j26151847.v5i1.8742.

U. Sulaeman, R. Rulhendri, and S. Syaiful, “Kajian Tentang Hubungan Kecepatan,

Volume Dan Kepadatan Menggunakan Metode Bell (Studi Kasus Jalan Pajajaran,

Sukasari-Baranang Siang),” Astonjadro, vol. 4, no. 1, p. 36, 2020, doi:

32832/astonjadro.v4i1.821.

I. B. Wirahajai, I. P. Laintarawan, and I. W. Artana, “MODEL HUBUNGAN

VOLUME , KECEPATAN DAN KEPADATAN JALAN PERKOTAAN,” vol. 018, no.

, pp. 44–51, 2022.

Cut Nawalul Azka dan Rival Mardi, “Pemodelan Hubungan Volume, Kecepatan dan

Kepadatan Pada Jalan Soekarno Hatta Kota Banda Aceh,” J. Tek. Sipil, vol. 9, no. Juni,

pp. 42–50, 2020.

Abdi Grisela Nurinda, Priyanto Sigit, and Malkamah Siti, “Hubungan Volume

Kecepatan dan Kepadatan Lalu LintasPada Ruas Jalan Padjajaran (Ring Road Utara),

Sleman,” Teknisia, vol. XXIV, pp. 55–64, 2019.

M. T. N. Thalib, “Analisis Hubungan Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Arus Lalu

Lintas Pada Ruas Jalan Prof. Dr. H.B. Jassin Dengan Membandingkan Metode

Greenshield Dan Metode Greenberg,” J. Perad. Sains, Rekayasa dan Teknol. Sekol.

Tinggi Tek. Bina Taruna Gorontalo, vol. 6, no. 1, pp. 59–68, 2016.

S. H. Aly, “Model Hubungan Karakteristik Makro Lalu Lintas yang Bersifat Heterogen

di Kota Makassar,” Pros. Tek. Sipil Univ. Hassanudin, vol. 6, pp. TS12-1-TS12-10,

E. K. Morlok, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga,

W. R. McShane, R. P. Roess, and E. S. Prassas, Traffic Engineering 3rd. New Jersey:

Prentice Hall, Inc, 2004.

G. S. J. Timpal, T. K. Sendow, and A. L. E. Rumaya, “Analisa Kapasitas Berdasarkan




DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v13i2.6553

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :

Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter