STUDI KOMPARATIF KINERJA PELAYANAN BUS TRANS JOGJA DENGAN BATIK SOLO TRANS

Hafidzul Azmi

Sari


Penyediaan jaringan angkutan umum merupakan strategi utama dalam mengatasi masalah kemacetan. Pemerintah Provinsi D.I.Yogyakarta dan Pemerintah Kota Surakarta telah mengoperasikan jaringan angkutan umum pada wilayahnya masing-masing. Pada Kawasan Perkotaan Yogyakarta terdapat angkutan Trans Jogja (TJ) dan pada daerah Solo Raya terdapat angkutan Batik Solo Trans (BST). Meskipun kedua wilayah berdekatan secara geografis dan memiliki kondisi sosial yang serupa, sistem angkutan umumnya dioperasikan dengan karakteristik yang berbeda sehingga setiap angkutan memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakteristik tersebut serta kinerja pelayanan tiap angkutan. Metode penelitian dilakukan dengan pengamatan langsung dan pengumpulan data sekunder dari pihak terkait. Kinerja pelayanan yang digunakan adalah headway, load factor, waktu perjalanan, keterjangkauan halte, dan kecepatan perjalanan. Ditemukan bahwa  meskipun TJ memiliki trayek yang lebih banyak dengan cakupan yang lebih luas tetapi kinerja pelayanan dan jumlah penumpangnya lebih rendah daripada BST. Kinerja headway dan load factor pada TJ tidak memenuhi SPM. Sedangkan pada BST hanya kinerja load factor yang tidak memenuhi SPM . Keunggulan yang dimiliki BST diakibatkan oleh jumlah armada yang lebih banyak, halte yang lebih terjangkau, didukung jaringan feeder, serta tersedianya dedicated lane contraflow.

Teks Lengkap:

49-58

Referensi


S. E. M. Q. Siahaan, “Peranan Transportasi Umum Terhadap Pengurangan Kemacetan di Kota Yogyakarta,” Universitas Gadjah Mada, 2021.

A. N. Hidayat, “Studi Tingkat Kerawanan Kemacetan Menggunakan Citra Worldview-2 di Sebagian Ruas Jalan Kota Surakarta,” Universitas Gadjah Mada, 2022.

D. J. A. V. de Magalhães and C. Rivera-Gonzalez, “Car users’ attitudes towards an enhanced bus system to mitigate urban congestion in a developing country,” Transp. Policy, vol. 110, pp. 452–464, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2021.06.013.

S. A. Adisasmita, Perencanaan Pembangunan Transportasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

S. P. P. Wangi, N. Hidayati, and S. R. Harnaeni, “Evaluasi Angkutan Pemadu Moda Bandara Adi Soemarmo Kabupaten Boyolali,” in Seminar Nasional Teknik Sipil, 2022, pp. 91–96.

K. Setyowati, S. A. Nadhifa, R. Suryawati, and P. Susiloadi, “Public Transportation Development in Surakarta City in Partnership Governance Perspective,” in Governance and Public Policy in The Society 5.0, 2021, pp. 330–342, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Neni-Susilawati/publication/356418913_Social_Control_through_Public_Disclosure_on_Tax_A_New_Approach_to_Enhance_Tax_Compliance/links/6199bccc07be5f31b7a47b62/Social-Control-through-Public-Disclosure-on-Tax-A-New-Approa.

Transpologi, “Transportasi Kota Solo: Mencari Jalan Menuju Masa Depan,” transpologi.org, 2019. https://transportologi.org/laporan-transportologi/transportasi-kota-solo-mencari-jalan-menuju-masa-depan/.

A. Kamil, “Yogyakarta Gelar Ujicoba Bus Trans Jogja,” Kompas.com, 2008. https://nasional.kompas.com/read/2008/02/17/15175478/yogyakarta.gelar.ujicoba.bus.trans.jogja.

E. Saputra and C. Widyasmara, “The effect of urban spatial structure on rapid bus transit services in Yogyakarta and Surakarta , Indonesia : A comparative study of the Trans Jogja and the Batik Solo Trans The effect of urban spatial structure on rapid bus transit services in Yogyakarta,” no. April 2014, 2015.

B. Y. Nugraha, “Evaluasi Kinerja Koridor Ii Batik Solo Trans Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 10 Tahun 2012,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2015.

N. P. Rachma, P. Dwi, Ismiyati, and W. Kushardjoko, “Evaluasi Kinerja Batik Solo Trans (Studi Kasus: Koridor 1 Kartasura-Palur, Surakarta),” J. Karya Tek. Sipil, vol. 2, no. 4, pp. 333–342, 2013.

D. Handayani, Djumari, and M. Abdusysyakur, “Studi Kinerja Angkutan Umum Informal di Pedesaan (Studi Kasus Jalur Klaten - Bendogantungan - Wedi - Bayat - Njarum),” Matriks Tek. Sipil, vol. 5, no. 2, pp. 744–752, 2017, doi: https://doi.org/10.20961/mateksi.v5i2.36892.

W. Nugroho, P. Rahayu, and T. Istanabi, “Transportasi Umum Sebagai Pendukung Mobilitas Siswa: Studi Kasus Batik Solo Trans di Kota Surakarta,” Desa-Kota, vol. 4, no. 1, pp. 116–127, 2022, doi: https://doi.org/10.20961/desa-kota.v4i1.48009.116-127.

E. K. Morlok, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga, 1998.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB, 2000.

A. M. Affif, “Pengaruh Desain Fasilitas Halte terhadap Kepuasan Pengguna Bus Trans Metro Deli,” RUANG-SPACE, J. Lingkung. Binaan (sp. J. Built Environ., vol. 8, no. 2, p. 137, 2021, doi: 10.24843/jrs.2021.v08.i02.p05.

Kemenhub, “Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 98 Tahun 2013 tentang Standar Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan,” Jakarta, 2013.

Pemerintah, “Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesa Nomor 41 Tahun 1993 Tentang Angkutan Jalan,” Jakarta, 1993.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, “Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor 687 Tahun 2002 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur,” Jakarta, 2002.

Kemenhub, “Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan,” Jakarta, 2012.

TransportforSolo, “Peta Integrasi Transportasi Kota Solo,” 2023. https://drive.google.com/file/d/13u8Xzdz9ljvoAx0eDtT66krMHrbBmYbd/view (accessed May 31, 2024).

TransportforYogyakarta, “Transit Map Yogyakarta,” 2024. https://2ab03f4b-06df-45c8-af95-8ca53782cbdf.usrfiles.com/ugd/2ab03f_8c201e8dc3be46e88241c726d6d9792b.pdf (accessed May 31, 2024).

I. Basuki, “Kemauan Berjalan Kaki Penumpang Angkutan Perkotaan (Studi Kasus Penumpang Angkutan Perkotaan Di Yogyakarta),” 17th FSTPT Int. Symp. Jember Univ., pp. 22–24, 2014.




DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v14i2.8591

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :

Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor