ANALISA PERENCANAAN TEBAL LAPIS PERKERASAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA PADA RUAS JALAN NGOPAK KEDAWUNG KECAMATAN GRATI KABUPATEN PASURUAN

Fitria Wulandari, Dian Kusumaningsih

Sari


Abstrak:Pada perencanaan ini perkerasan komposit yang akan direncanakan, yang dapat menjadikan struktural jalan lebih kuat dan stabil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghitung perencanaan struktur berdasarkan metode analisa Bina Marga, Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan Ngopak Kedawung dengan pengambilan data sesuai yang ada disurvei seperti data CBR, data curah hujan, kelas jalan, dan data LHR dengan pengumpulan data yang sudah sesuai, diharapkan juga untuk dapat mempermudah dalam perencanaan analisa. Pada penelitian ini dilakukan analisis untuk tebal lapis perkerasan jalan dengan menggunkan Metode Analisa Bina Marga 1987 sehingga diperoleh tebal lapis perkerasan yang sesuai dengan kebutuhan. Data CBR yang diperoleh dari hasil DCP lapangan yang dilakukan pada proyek peningkatan jalan Ngopak Kedawung. Ruas jalan yang diteliti dengan panjang 1.700 m dan lebar jalannya adalah 5,5 m. Untuk umur rencana direncanakan 10 tahun, dan klasifikasi fungsional jalan adalah jalan kolektor. Dari hasil perhitungan dan pembahasan analisis menggunakan metode Bina Marga sehingga diperoleh tebal lapis perkersan jalan ini menggunakan Laston Ms 744 kg dengan ketebalan 6cm dan lapis pondasi menggunakan Laston atas MS 590 kg dengan tebal 15 cm, sedangkan untuk lapisan subbase digunakan sirtu atau pitrun kelas A dengan tebal diperoleh 20 cm untuk lapis pondasi bawah.

 

Kata kunci: Metode Bina Marga; Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR); Lapis Perkerasan; jalan

 


Teks Lengkap:

85-95

Referensi


P. Pusat, “Undang-undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan”. Indonesia Paten 38, 18 Oktober 2004.

I. L. K. Wong, “Studi Perbandingan Perkerasan Jalan Lentur Metode Bina Marga dan AASHTO dengan Menggunakan Uji Dinamic Cone Penetration (Ruas Jalan Bungku Funuasingko Kabupaten Morowali),” dalam Konferensi Nasional Teknik Sipil 7 Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2013.

M. Y. M. Putra, B. S. Subaglo, E. S. Hariadi dan S. Hendarto, “Evaluasi Kondidi Fungsional dan Strukturan Menggunakan Metode Bina Marga dan AASHTO 1993 Sebagai Dasar dalam Penanganan Perkerasan Lentur Studi Kasus: Ruas Medan-Lubuk Pakam,” Jurnal Teknik Sipil, vol. 3, no. 20, 2013.

H. Saodang, Konstruksi Jalan Raya, Bandung: Nova, 2005.

S. Sukirman, Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, Bandung: Nova, 2010.

P. WIDYARSO, “STUDI PERENCANAAN PERKERASAN KOMPOSIT MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA PERKIRAAN BIAYA PEMBANGUNAN JALAN SENDANG BIRU-JOLOSUTRO,” ITN, Malang, 2014.

R. Ismy dan H. Nufus, “Tinjauan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Simpang Buloh-Line Pipa Sta 0+000 s/d Sta 6+017, Pemkot Lhokseumawe,” REKATEK, vol. 1, no. 1, 2015.

p. Riau, “Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Anallisa Komponen Departemen pekerja umum,” 2005.

P. R. Indonesia, “Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan”. Indonesia Paten 34, 2006.

H. C. Hardiyatmo, Pemeliharaan Jalan Raya, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2009.




DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v14i2.8660

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :

Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter