Citra Perempuan dalam Novel "Cantik Itu Luka", karya Eka Kurniawan: Kritik Sastra Feminis

Zaitun Todiho, Rahma Djumati

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada citra perempuan dalam novel cantik itu luka karya Eka Kurniawan, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana diskriminasi terhadap perempuan dan bagaimana citra perempuan dalam novel, cantik itu luka oleh Eka Kurniawan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan diskriminasi terhadap perempuan dan untuk mengetahui citra perempuan dalam novel cantik itu luka. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu hasil penelitian yang dijelaskan atau dideskripsikan, bukan angka. Teknik pengumpulan data adalah teknik membaca dan teknik mencatat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kritik sastra feminis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diskriminasi terhadap perempuan yang terkandung dalam novel cantik itu luka, adalah diskriminasi fisik dan nonfisik. Beberapa wanita yang mengalami diskriminasi adalah Dewi Ayu, Alamanda dan Si Cantik. Sedangkan Image of Women dalam novel cantik itu luka, yang meliputi aspek fisik, psikologis dan sosial, peneliti menggambarkannya berdasarkan citra diri lima karakter wanita. Sosok wanita adalah Dewi Ayu, Alamanda, Adinda, Maya Dewi dan Si Cantik. Dari kelima karakter perempuan ini ternyata memiliki citra fisik, psikologis, dan sosial yang berbeda.

Kata kunci: novel, citra wanita, diskriminasi, dan kritik sastra feminis

Abstract

This research is focused on the image of women in the novel cantik itu luka by Eka Kurniawan, which became the formulation of the problem in this research is how discrimination against women and how the image of woman in novel, cantik itu luka by Eka Kurniawan. This study aims to find discrimination against women and to know the image of women in the novel cantik itu luka. In this study, researchers used descriptive qualitative research methods, ie research results described or described, not a number. Technique of data collection is technique of reading and technique of note. The theory used in this research is the theory of feminist literary criticism. Based on the results of the study it can be concluded that discrimination against women contained in novel cantik itu luka, is discrimination physically and nonphysical. Some of the women who experienced the discrimination were Dewi Ayu, Alamanda and Si Cantik. While the Image of Women in the novel cantik itu luka, which includes physical, psychological and social aspects, researchers describe it based on self-image of five female characters. The female figure is Dewi Ayu, Alamanda, Adinda, Maya Dewi and Si Cantik. Of these five female characters turned out to have a different physical, psychological, and social image.

Keywords: novel, female image, discrimination, and feminist literary criticism.


References


Djajanegara, Soenarjati. 2003. Kritik Sastra Feminis Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

El- Saadawi, Nawal. 2000. Perempuan di Titik Nol. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hamzah, Ahmad. 2015. Citra Wanita dalam Novel “Imro’ah Inda Nuqthah Ash-Shifr (Perempuan Di Titik Nol) karya Nawal El-Sadawi. Pancasarjana: Universitas Negeri Surabaya.

Kurniawan, Eka. 2006. Cantik itu Luka. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1995. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, I Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputra, Andri Anda. 2015. Resistensi Pribumi dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Jurusan Sastra Indonesia: FIB Universitas Andalas.

Sugihastuti dan Suharto. 2015. Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Sugihastuti dan Saptiawan, Itsna Hadi.2010. Gender dan InferioritasPerempuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Wellek, Rene dan Austin Waren. 1985. TeoriKesusastraan. Jakarta:

Gramedia Pustaka Pelajar.

Wiyatmi. 2012. Kritik Sastra Feminis (Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia).Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Wolfman, Brunetta R. 1988. Peran Kaum Wanita. Yogyakarta:Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.33387/tekstual.v17i1.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.