Pemertahanan Bahasa Tidore Pada Anak-Anak Di Ranah Keluarga Di Kepulauan Tidore
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguraikan kondisi pemertahanan bahasa Tidore pada anak-anak di Kepulauan Tidore. Dan peran orang tua dalam memengaruhi penggunaan bahasa Tidore pada anakanak di kepulauan Tidore. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan koesioner, yang dilengkapi dengan perekaman Melalui teknik ini, peneliti akan memperoleh pandangan mengenai keterkaitan langsung antara bahasa yang digunakan oleh penutur. Proses tersebut dilakukan dengan merekam percakapan di ranah lingkungan ketika anak-anak bermain dengan temannya melalui alat perekam suara atau alat perekam video. Dan di ranah keluarga kedua orang tua dan anak-anaknya ketika berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pemertahanan bahasa Tidore terjadi pada ranah keluarga, karena ketika seorang anak berbicara dengan kedua orang tuanya, saudaranya, menggunakan bahasa Tidore sebagai alat komunikasi.
Kata Kunci : pemertahanan bahasa, komunikasi, bahasa Tidore,
Abstract
This study aims to describe the conditions of Tidore language preservation in children in the Tidore Islands. And the role of parents in influencing the use of the Tidore language among children in the Tidore Islands. This research uses qualitative and quantitative description methods. Data collection techniques use observation, in-depth interviews, and questionnaires, which are equipped with recording. Through this technique, the researcher will get a view of the direct relationship between the languages used by speakers. This process is carried out by recording conversations in the environmental realm when children play with their friends through a voice recorder or video recording device. And in the realm of the family of both parents and children when communicating in everyday life. The results of this study indicate that the Tidore language preservation occurs in the family realm, because when a child talks to his parents, siblings, he uses the Tidore language as a means of communication.
Keyword: language preservation,communication,Tidore language.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amar. Rahim.2004. Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa dalam http://dibp.gou.nya/alop 98 jurai.htm.
Amir, Johar. 2010. “ Pola Pemilihan Bahasa pada Ranah Keluarga di Kabupaten Pangkajene Kepulauan.†Disertasi. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin
Archer, M.2000. Being Human: The Problem Of Agency. Camridge::Universiti Pres
Brown, G. dan Yule, G. 1933. Langguage. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. 1995. Sosiolunguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Damanik, Ramlan. 2009.Pemertahanan Bahasa Simalungah di Kabupaten Simalungah. Tesis. Universitas Sumatra Utara Medan.
Dewa, dan Rohmadi, Mahmud. 2006: Sosilinguistik: kajian Teori dan Anasis. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Fasolld, Ralph. 1984. Sociolinguitics Of Societty. New York: Basil Blackwell
Fishman, J A.1976, Advances In The Sociologi Of Language, Den Haag-Paris: Mounton.
Holmes, J. 1992. An Introduction to Sociolinguitics. Landon. Longman.
Mbete, Aron Meko. 2003. Bahasa Lokal Minoritas: asal Muasal, Ancaman dan Ancangan Pemberdayaan dalam Rangka PIP Kebudayaan Universitas Udayana†Orasi Ilmiah Pengukuhan Guru Besar Unud Bali.
Rochaya, Djamil, Misback.1995. Sosiolinguistik. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan
Saleh, Muhammad, dan Mahmudah. 2006. Sosiolinguistik. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Sugiono. 2011: Metode Penelitian, Kuantitatif, kualitatif. Bandung: Alfabeta Bandung
Suwito. 1983. Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta: Kenary offset.Wijaya, Putu
DOI: https://doi.org/10.33387/tekstual.v18i2.3058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.