Imagery In The Poem “Siap Sedia†By Chairil Anwar

Indra Purnawan Panjaitan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis imaji yang terdapat dalam puisi Siap Sedia karya Chairil Anwar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa imajiner dalam puisi Siap Sedia karya Chairil Anwar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik notetaking. Berdasarkan analisis imajiner dalam puisi Siap Sedia karya Chairil Anwar, dapat disimpulkan bahwa karya penyair menggunakan beberapa imajiner seperti visual, auditori, dan tackle. Imajiner visual terdapat pada Bait 1, 2, dan 7. Imajiner tackle terdapat pada Bait 4, 5. dan Imajiner pendengaran hanya terdapat pada Bait 3. Jadi, imajiner visual yang terdapat hampir pada setiap bait.

This research aims to describe the types of imagery in the poem Siap Sedia by Chairil Anwar. The method used in this research is descriptive qualitative method. This type of research is library research. The data that is used in this research is written data such as imagery in the poem Siap Sedia by Chairil Anwar. The technique that is used to collect data in this study is the notetaking technique. Based on the imagery analysis in the poetry Siap Sedia by Chairil Anwar, it can be concluded that the work of the poet uses several images such as visual imagery, Auditory imagery, and tactle imagery. Visual imagery can be found in Stanza 1, 2, and 7. Tactle imagery can be found in Stanza 4, 5. and Auditory imagery only can be found in Stanza 3. So, Visual imagery that is almost in every stanza.

Keywords: Literary, Poetry, Imagery


Full Text:

PDF

References


Laila, Aruna. 2016. Citraan dalam Kumpulan Puisi Mangkutak di Negeri Prosaliris Karya Rusli Marzuki Saria. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1). 12-24.

Nur. H. 2015. Aspek Spikologi Toko dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). Jurnal Humanika. 15(3). 1979-8296.

Paradopo, Rachmat Djoko. 2012. Beberapa Teori Sastra. Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Paradopo, R. D. 2012. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahma, Y. Lado Susana, F. F. Z. A. (2016) Analisis Struktur dan Nilai-nilai Moral dalam yang Terkandung dalam Cerpen Ten Made Todoke Karya Yoshida Genjiro. Jurnal Japanese Literature. 2(2), 1-10.

Satria, Norman Andi. 2016. Siap Sedia Puisi Chairil Anwar. Dikutip Desember 2019. Dari Puisi Siap Sedia Karya Chairil Anwar.

Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.33387/tekstual.v20i1.4653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.