Reduplikasi Bahasa Sahu

Ridwan Ridwan, Junaib Umar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis reduplikasi bahasa Sahu. Jenis penelitian digolongkan ke dalam penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Awer Sahu Timur. Instrumen yang digunakan berupa alat perekam (tape recorder), catatan lapangan, kosaka kata Morris Swadesh, dan cerita rakyat. Teknik analisis data berupa data reduction (reduksi data) , data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verivication (penarikan simpulan/verifikasi). Hasil penenlitian ditemukan bahwa bahasa Sahu memiliki empat jenis reduplikasi yaitu: pengulangan seluruh, Pengulangan  Sebagian, pengulangan yang berkombinasi dengan proses pembumbuhan afiks, dan pengulangan dengan perubahan fonem.

 


Full Text:

PDF

References


Ibrahim, Gufran A. 2009. Metamorfosa Sosial dan Kepunahan Bahasa. Ternate: LepKhair

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia; Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nirwana dan Ridwan. 2015. Talai dan Padisua Menggagas Strategi Pelsestarian bahasa Suku Minoritas di Halmahera Barat. Laporan Penelitian. Ternate: LPPM Unkhair.

Peraturan Pemerintah Provinsi Maluku Utara tahun 2009.

Ramlan. 1985. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.

Ridwan dan Nurachman Irianto.2020. Analisis Fonologi Bahasa Sahu sebagai Upaya Pendokumentasian Bahasa Daerah di Halmahera Barat. Laporan Penelitian. Ternate; LPPM Unkhair.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Verhaar, J.W.M. 2006. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.




DOI: https://doi.org/10.33387/tekstual.v20i2.5424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.