Iklan Peringatan Rokok: Bidang Kajian Multimodality

Firzha Maulana Malik

Abstract


Iklan merupakan media untuk menawarkan sesuatu untuk menarik perhatian para konsumen suatu produk atau bisa berupa iklan layanan masyarakat, salah satu media pendukung iklan yaitu poster. Poster adalah media terbatas yang mengandalkan visual, serta teks verbal yang mendukung visual dalam merepresentasikan apa yang dimuat dalam poster. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan bidang kajian multimodality untuk dapat memahami representasi yang terdapat dalam poster dan yang menjadi data penelitian ini adalah poster iklan peringatan rokok. Dimana, visual dan verbal berperan penting di dalamnya. Setelah di analisis, dapat dilihat apakah visual dan verbal ada perbedaan makna atau tidak. Dengan adanya penelitian ini, penulis berharap dapat membantu orang-orang untuk memahami bidang kajian multimodality serta dapat menganalisis poster atau media lain yang menggunakan visual dan verbal menggunakan bidang kajian mulitimodality.

Kata kunci: iklan, poster, multimodality


References


Arsyad. (2007) Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kress, G. dan van Leeuwen, T. (1996). Reading images: The grammar of visual design. London, UK: Routledge.

Kress, G. dan Van Leeuwen, T. 2006. Reading Images: The Grammar of Visual Design. London: Routledge.

Kriyantono, Rachmat.2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Peter, J. Paul & Olson Jerry. C. 2000. Customer Behavior: Strategi Konsumen

dan Strategi Pemasaran. Jilid 2 Edisi 4. Jakarta. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.33387/tekstual.v18i1.695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.