Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Sinca (Sistem Pencernaan Manusia) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri Golo Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan (Reserch and Development) yang dilakukan untuk mengetahui: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran media sinca berbasis Augmented Reality untuk kelas V SD Negeri Golo dengan model pengembangan ADDIE (2) Kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran media sinca pada materi sistem pencernaan manusia yang ditinjau berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Dalam penelitian dan pengembangan (Reserch and Development) ini, menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan angket, serta dalam mengukur minat siswa digunakan dengan Uji t satu arah pada taraf signifikasi 5%. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Golo dengan subjek uji coba adalah siswa kelas V.Hasil penelitian ini berupa: (1) Perangkat pembelajaran berupa media sinca berdasarkan analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Menyusunan desain media sinca dan instrumen penilaian produk. (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan layak karena berdasarkan aspek kevalidan memperoleh skor 4,7 dari ahli materi dan skor 4,125 dari ahli media. Berdasarkan aspek kepraktisan mendapat respon siswa mendapat skor 4,35, respon guru mendapat skor 4,6, dan 90% hasil dari keterlaksanaan pembelajaran. Penilaian keefektifan menurut minat belajar siswa menunjukan kenaikan sebesar 4 % pada siswa dalam kategori tinggi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 181–192.
Aris, I. E., & Hanifah, U. (2021). Pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar kognitif ipa materi ekosistem pada siswa kelas V SDN Singapaducurug Kota Serang Banten tahun ajaran 2020/2021. Pelita Calistung, 2(1), 56–72. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/101
Nurlaila. (2018). Urgensi Perencanaan Pembelajaran dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Sustainable, 1(1), 93–112. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/sus/article/view/900
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu : konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.33387/tekstual.v22i2.8258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.