Implementasi Sistem Pengukuran Kinerja Perbankan Syari’ah dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT. BPRS Bahari Berkesan Provinsi Maluku Utara dan PT. BPRS Barokah Dana Sejahtera Provinsi D.I. Yogyakarta)
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja perbankan syariah dengan metode balanced scorecard. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengolahan dan analisis data secara umum menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan tabel kontingensi yang ditampilkan dalam nilai presentase, angka, kolom, baris dan total. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil dari penelitian menemukan bahwa secara keseluruhan Kinerja PT BPRS Bahari Berkesan Provisi Maluku Utara dan Kinerja PT BPRS Barokah Dana Sejahtera Provinsi D.I. Yogyakarta memiliki nilai Kinerja Baik. Balanced scorecard juga telah mengintegrasikan visi dan misi peusahaan ke dalam tolok ukur evaluasi perusahaan sehingga tujuan perusahaan yaitu PT BPRS Bahari Berkesan Provisi Maluku Utara dan PT BPRS Barokah Dana Sejahtera Provinsi D.I. Yogyakarta menjadi lebih jelas.
This research aimed to measure the performance of Islamic banking with the balanced scorecard method. This research method using case studies. Processing techniques and data analysis are generally using quantitative descriptive statistics and contingency tables shown in percentage values, numbers, columns, rows and total. Performance measurement is done using a scale of measurement that are presented in the form of a table. Results from the research found that overall performance of PT BPRS Bahari Berkesan of North Maluku Province and performance of PT BPRS Barokah Dana Sejahtera of Special Region of Yogyakarta Province have the good performance value. The Balanced scorecard has also been integrating the vision and mission of that corporate into the corporate evaluation benchmarks so that the purpose of the company, namely PT BPRS Bahari Berkesan of North Maluku Province and performance of PT BPRS Barokah Dana Sejahtera of Special Region of Yogyakarta Province became more obvious.
Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Sistem Pengukuran Kinerja, Kinerja Perbankan Syariah, Perbankan Syariah, Balanced Scorecard.
Â
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bank Indonesia (BI). Laporan Triwulan Perkembangan Ekonomi, Kinerja Perbankan dan Sistem Pembayaran Provinsi Maluku Utara. Diunduh 10 Maret 2017 dari http://www.bi.go.id/id/publikasi/kajianekonomiregional/malut/Documents/98a035b1d81047189409fbfc2dbbdfd1KERMalutTWIII2008.pdf.
Chenhall, R. H. (2005) ‘Integrative strategic performance measurement systems, strategic alignment of manufacturing, learning and strategic outcomes: an exploratory study’, Accounting, Organizations and Society, Vol. 30 No.5, pp. 395-422.
Huda, N., Shabrina, I., dan Zain, E. (2013). Pengukuran Kinerja Perbankan Syariah menggunakan Pendekatan Balance Scorecard. Etikonomi, Vol. 12 No.1, pp.21-32.
Kemalasari, Y. D. (2010). Evaluasi Terhadap Kinerja Unit Usaha Syariah pada Bank Konvensional dengan Perspektif Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Bank Jateng). Skripsi Fakultas Ekonomi UNDIP.
Kuncoro dan Suhardjono. (2002). Manajemen Perbankan (Teori dan Aplikasi), Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Otoritas Jasa Keuangan. Data Statistik Perbankan Syariah 2014. Diambil tanggal 9 September 2017. Dari: http:// www. ojk.go.id/en/ data-statistik-perbankan-syariah.
Peraturan Bank Indonesia No. 17/11/PBI/2015 tanggal 25 Juni 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 15/15/PBI/2013 tentang Giro Wajib Minimum Bank Umum Dalam Rupiah Dan valuta Asing Bagi Bank Umum Konvensional. Diambil pada tanggal 24 April 2017 dari: http://www.bi.go.id/id/peraturan/ssk/Pages/pbi_171115.aspx.
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Diambil tanggal 6 September 2017. Dari: http://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/regulasi/peraturan-ojk/Documents/Pages/pojk-tentang-penilaian-tingkat-kesehatan-bank-umum/SALINAN-POJK%204%20Penilaian.pdf.
Perbankan Syariah. Diambil tanggal 4 Juni 2017. Dari: http://www.bi.go.id/id/perbankan/syariah/Contents/Default.aspx.
Prawirosentono, Suyadi. (2008). Manajemen Sumberdaya Manusia “Kebijakan Kinerja Karyawanâ€. Yogyakarta: BPFE UGM.
Riyadi, Selamet. (2015). Banking Assets And Liability Management. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Robbins, S, P., and Timothy, A, J. (2009). Organizational Behavior. Thirteenth edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Sari, A. (2006). Evaluasi Kepuasan Nasabah atas Layanan Perbankan Berbasis Mobile Banking Network (Studi Kasus pada Bank Central Asia cabang Bandar Lampung). Jurnal Bisnis dan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Vol. 3 No. 1. Pp.61-72.
Sutrisno. (2001). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama Cetakan Kedua, Ekonisia, Yogyakarta.
Zudia, M. (2010). Analisis Penilaian Kinerja Organisasi dengan Menggunakan Konsep Balanced Scorecard pada PT. Bank Jateng Semarang. Skripsi tidak Dipublikasikan, Program Sarjana, Universitas Diponegoro Semarang.
DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v8i1.3073
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.