Pengaruh Rasio Aktivitas, Risiko Sistematik, Kepemilikan Saham Oleh Publik Dan Profitabilitas Terhadap Internet Financial Reporting (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018)

Meliana Meliana, Istikomah Istikomah, Suleman Hi. Abd. Kahar

Sari


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji secara empiris pengaruh Rasio Aktivitas terhadap Internet Financial Reporting; (2) Untuk menguji secara empiris pengaruh Risiko Sistematik terhadap Internet Financial Reporting; (3) Untuk menguji secara empiris pengaruh Kepemilikan Saham oleh Publik terhadap Internet Financial Reporting; (4) Untuk menguji secara empiris pengaruh Profitabilitas terhadap Internet Financial Reporting. Populasi dalam penelitian Ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2018. Sampel dalam penelitian sebanyak 112 yang diambil menggunakan teknik purposive Sampling.  Alat uji yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan statistical package for social scientists (SPSS) sebagai alat uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Rasio Aktivitas berpengaruh negatif terhadap Internet Financial Reporting; (2) Risiko Sistematik tidak berpengaruh terhadap Internet Financial Reporting; (3) Kepemilikan Saham oleh Publik tidak berpengaruh terhadap Internet Financial Reporting; (4) Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Internet Financial Reporting.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina L, 2009. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Informasi Keuangan pada Website Perusahaan. Jurnal Dinamika Accounting. Vol. 3 no.11: 95-105.

APJII. “Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesiaâ€. www.apjii.or.id

Bagasan, M dan Hakim, M. M. 2015. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan Melalui Internet (Internet Financial Reporting) Dalam website Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indoesia). Doctoral Dissertation, Unimed. (tidak di publikasi)

Deasy Ratna Puri. 2013. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pelaporan Keuangan Melalui Internet. Jurnal review Akuntansi dan Keuangan. Vol. 3 No.1. Hal 383-390.

http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/150-artikel-keuanganumum/20545-masyarakat-ekonomi-asean-mea-dan-perekonomian-indonesia.

https://tekno.tempo.co/read/1205948/survei-apjii-pengguna-internet-indonesia-capai-171-juta-jiwa/full&view=ok

Jogiyanto, 2014.Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi ke 10). Yogyakarta :BPFE.

Kusumawardani, Arum. 2011. Analisi Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan Melalui Internet (Internet Financial Reporting Dalam Website Perusahaan Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. (tidak di publikasi)

Keumala N,N, Muid D. 2013. Analisis Faktor-faktor Uang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan Perusahaan Melalui Website Perusahaan. Diponegoro Journal of Ac.

Khikmawati I, Agustina L. 2015. Analisis Rasio Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan Melalui Internet pada Website Perusahaan. Accounting Analysis Journal 4 (1).

Mayasari., Verawaty, V., & Jaya, A. K. (2014). Determinan Aksesibilitas Internet Financial Reporting pada website perusahaan Manufaktur Go Public di Indonesia. Jurnal Profita (Jurnal Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan), 6(1), 1-23.

Marston, C and Polei, A, 2004. Corporate Reporting On The Internet By German Companies. International Journal of Acconting Information Systems 5:285-311.

Prasetya, Mellisa. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan (Internet Financial Reporting). The Indonesian Accounting Review . Vol.2, pp.151-158.

Rahmawati, Virly (2017) Pengaruh Profitabilitas, Leverage & Reaksi Pasar Terhadap Internet Financial Reporting (IFR) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Undergraduate thesis, STIE Perbanas Surabaya. (tidak di publikasi)

Rizki, Ferbrian dan Ikhsan, Adhisyahfitri Evalina. 2018. Pengaruh Rasio Aktivitas, Risiko Sistematik Dan Tingkat Kepemilikkan Saham Terhadap Internet Financial Reporting (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntasi (JIMEKA). VOL.3, No.3, . E-ISSN 2581-1002.

Rozak, A. (2012). Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Oleh Publik, Leverage dan Kelompok Industri Terhadap Tingkat Internet Financial Reporting (IFR). Journal Computech & bisnis, 6(2), 101-112.

Suripto, B. 2006. Pengaruh Besaran Profitabiitas, Pemilikan Saham Oleh Publik, Dan Kelompok Industri Terhadap Tingkap Pengungkapan Keuangan Di Website. Jurnal Akuntansi & Manajemen 5 (1). Hal 1-26.

Tedjo, Pauline P. 2012. Peranan Leverage Keuangan, Ukuran, Profitabilitas, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan terhadap Pengungkapan Sukarela Perusahaan dalam Media Internet. Berkah Ilmiah Mahasiswa Akuntansi 1.1. (tidak di publikasi)

www.idx.co.id

www.idnfinancials.com




DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v8i1.3185

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.