EKSPLORASI PRAKTIK AKUNTANSI DALAM RUMAH TANGGA ISLAM

Nadia Rizky, Iqbal M. Aris Ali, Septy Indra Santoso

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik akuntansi dalam rumah tangga Islam. Situs dalam penelitian ini adalah rumah tangga Islam di Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan metodologi nonpostivistis dengan analisis fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, praktik akuntansi yang dilakukan dalam rumah tangga dapat membantu mengelola keuangan keluarga. Kedua, praktik akuntansi yang dilakukan dalam rumah tangga memiliki nilai-nilai yang tercermin yaitu, kejujuran, saling memahami, komunikasi, tanggungjawab, dan menyayangi. Ketiga, praktik akuntansi dalam rumah tangga dapat mengubah kebiasaan anggota keluarga. Keempat, teknik dalam praktik akuntansi keluarga yaitu: teknik pencatatan secara tertulis dan teknik tidak tertulis.

Kata Kunci: Akuntansi rumah tangga, keuangan keluarga, komunikasi keluarga.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Quran. 2010. Terjemahan Dan Tafsir Untuk Wanita. Penerbit Jabal. Bandung.

Ali N.I, Muhammad. 2015. Konsep Keluarga Bahagia-Sejahtera (Studi Komparasi Antara Santri Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta dan Mahasiswa Indekos). Tesis. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Amri, Haikal. 2015. Mengungkap Nilai Budaya Bajo Sangkuang Pada Usaha Bagang; Telaah Model Bagi Hasil dan Pencatatan Akuntansi. Skripsi. Universitas Khairun. Ternate.

Aris M. Ali, Iqbal. 2015. Fitrah Entitas Syariah Kekuatan Entitas Syariah yang Terlupakan: Menyingkap Makna Dana Kebajikan, Kajian Symbolic Interaction dan Trilogi Ajaran Ilahi. Lembaga Penerbitan Universitas Khairun (LepKhair). Ternate.

Astuti, Asri. 2013. Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Kesehjateraan Keluarga. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Basari M. Ahmad. 2010. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Keharmonisan Dalam Rumah Tangga (Studi Terhadap Suami Istri Pengamal Shalawat Wahidiyah Di Kota Yogyakarta). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.Yogyakarta.

Bogdan, Robert C. Dan Steven J. Taylor, 1992, Introduction to Qualitative Research Methods : A Phenomenological Approuch in the Social Sciences, Alih Bahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons, Surabaya, Usaha Nasional.

Bogdan, R.C dan Biklen, S.K, 1982. Qualitative: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Cahyadi, Ady. 2014. Hafazhatul Amwaal: Tokoh Dan Karakter Akuntan Rasulullah.

Jurnal Ilmiah Akuntanbilitas, Vol. 7.No. 2.

Damayanti, Nurmala. 2015. Pelatihan Pencatatan Dan Manajemen Keuangan Keluarga Bagi Kelompok Pengajian/ PKK RT 006 Rajabasa Raya. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 01, No 1.

Espa, Vitriyan. 2011. Konstruksi Bentuk Akuntansi Keluarga (Pendekatan Hipnometodologi).Tesis. Universitas Brawijaya. Malang.

Hanafi, Mahmud M dan Halim. Abdul. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta.

Jacobs, Kerry dan Stephen P. Walker. 2004. Accounting and Accountability in the Iona Community. Accounting, Auditing & Accountability Journal, Vol. 17, No. 3: 361-368.

Kausaha, M Halim. 2014. Fenomena Tradisi Dagang Dibo-dibo; Kajian Bagi Hasil Dan Pencatatan Akuntansi Dalam Kearifan Budaya Ternate. Skripsi. Universitas Khairun. Ternate.

Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenologi. Widya Padjajaran. Bandung.

Manurung, Daniel dan Jimmi, Sinton. 2013. Urgensi Peran Akuntansi Dalam Rumah Tangga (Studi Fenomelogis pada Dosen-Dosen Akuntansi di Universitas Widyatama Bandung).Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, Vol.3 No. 1.

Marlina, Lina. 2011. Peranan Majelis Ta’lim Al- Huda Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Kec. Cibuaya. Skripsi. Universitas Islam Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Miranti, Asih. 2014. Faktor-Faktor Pembentuk Kebahagiaan Dalam Keluarga (Konteks Budaya Jawa Dan Pengaruh Islam. Skripsi. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Noor, Sofia Retnowati. 2002. Peran Perempuan Dalam Keluarga Islami, Artikel, Disampaikan pada Seminar Setengah Hari “ Peran Perempuan Dalam membangun Keluarga Dengan Nilai-nilai yang Islami†diselenggarakan oleh Wanita Islam bekerjasama dengan Forum Pengajian Ibu-ibu Al Kautsar, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Patton, M.Q. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Prasetyawati, Marisa Eka. 2002. Mengenal Landasan Akuntansi Syariah.Tesis.

Universitas Brawijaya. Malang.

Pratiwi, Rahmawati Dian. 2010. Tingkat Kesadaran Masyarakat Dalam Perencanaan Keuangan Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Salirawati, Das. 2004. Manajemen Keuangan Keluarga, Makalah, Disampaikan Dalam Rangka KKN Dilokasi KKN RW 07 Dan 08, Kecamatan Tegalrejo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sanders, P. 1982. A New Way of Viewing Organizational Research.The Academic of Management Review, 7(3): 353-360.

Soemarso, S.R. 2001. Akuntansi Suatu Pengantar. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v9i1.4241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.