PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, BUDAYA ORGANISASI, PROACTIVE FRAUD AUDIT, DAN WHISTLEBLOWING SYSTEM TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN DANA BOS (Studi Empiris Pada Sekolah Dasar Kota Ternate)

Gregorius Jeandry, Rena Mustari Mokoginta

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh sistem pengendalian internal, budaya organisasi, proactive fraud audit, dan whistleblowing system terhadap pecegahan fraud dalam pengelolaan dana BOS. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada sekolah – sekolah penerima dana BOS yang ada di Kota Ternate Populasi sebanyak 819 Guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan Guru dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Teknik analisis data yang menggunakan analisis regresi linear berganda . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana BOS, budaya organisasi berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana BOS, proactive fraud audit berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana BOS, dan whistleblowing sistem tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana BOS.

Kata kunci :     Sistem pengendalian internal budaya organisasi, proactive fraud audit, whistleblowing, dan BOS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiani, Ni Kadek Siska., Edy Sujana, dan Made Arie Wahyuni. 2016. Pengaruh Whistleblowing System dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Pencegahan Fraud Pada Pengelolaan Keuangan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Buleleng). e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, Vol: 6 No: 3 Tahun 2016.

Ariastini, Ni Kadek Dwi., Gede Adi Yuniarta dan Putu Sukma Kurniawan. 2017. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, Proactive Fraud Audit, Dan Whistleblowing System Terhadap Pencegahan Fraud Pada Pengelolaan Dana Bos Se-Kabupaten Klungkung. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 Vol: 8 No: 2 Tahun 2017.

Arens, A. Alvin dan James K.Loebbecke.1991. Auditing. Suatu Pendekatan Terpadu, edisi ketiga.Jakarta:Erlangga.

Bagja, Hari . 2016. Pengaruh Pengendalian Internal Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Di Bpkad Kota Bandung (Studi Kasus Pada Pegawai Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kota Bandung) . Skripsi.Universitas Komputer Indonesia

BPKP, 2008. Fraud Auditing. Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan. Diklat Penjenjangan Auditor Ketua Tim. Edisi Kelima.

Bppk.kemenkeu.go.id (diakses :17 September 2018)

Diana Anastasia dan Lilis Setiawati, 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta : ANDI

Harry Santoni . 2016. http://jabar.tribunnews.com (diakses : 12 September 2018)

Harris, Charle E., Michael S Pritchart, dan Michael J Rabins. 2008. Engineering Ethics and Conceps Cases. Fourth Edition.

Hermiyetti.2010.Pengaruh Penerapan Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Fraud Pengadaan Barang. STEKPI Jakarta.

Irawan, Suryo. 2016.Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Terhadap Pencegahan Fraud Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Studi Pada Sekolah Dasar (Sd) di Kecamatan Andir Kota Bandung. Skripsi. Universitas Pasundan. Bandung.

Indomalut.com (diakses: 25 Oktober 2018)

Jensen, Michael C dan William H Meckling. 1976. Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. University of Rochester.

Kadek Yuli Kurnia Dewi dan Ni Made Dwi Ratnadi. 2017. Pengaruh Pengendalian Internal Dan Integritas Pada Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Denpasar. e-Journal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.18.2. Februari Tahun 2017.

Komite Nasional Kebijakan Governance .2008. Pedoman Sistem Pelaporan Pelanggaran - Spp(Whistleblowing System – Wbs).

Kompas.com (diakses: 17 September 2018)

Kusumastuti, 2012. Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Intervening. Skripsi . Universitas Diponegoro.

MCW News, Ternate, 2017 (diakses: 25Oktober 2018)

Miceli, Marcia., Janet Pollex Near P, dan Terry M. Dworkin. 2008. Whistle-Blowing in Organizations.

Muhammad Khoirul Anwar. 2015. http://news.detik.com (diakses: 12 September 2018)

Mulyadi dan Kanaka Puradiredja, 2010. Auditing. Buku dua, edisi kelima Jakarta: Salemba Empat.

Octaviari, Nugroho Vredy. 2015. Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai WhistleBlowing System Terhadap Pencegahan Fraud Dengan Perilaku Etis Sebagai Variabel Intervening Pada PT Pagilaran. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta .

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 Tahun 2009 Tentang

Standar Biaya Operasi NoNpersonalia Tahun 2009 Untuk Sekolah Dasar

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2017Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2000.Tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat Dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pratiwi, Arika Hanna. 2015. Pengaruh Kemampuan Auditor Investigatif Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Prosedur Audit Dalam Pengungkapan Internal Fraud Studi Kasus Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. e-Journal. Universitas Bakrie Vol 4, No 01 Tahun 2015.

Radarcirebon.com (diakses: 13 September 2018)

Samho, Bartolomeus dan Oscar Yasunari,2010. Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Tantangan - Tantangan Implementasinya Di Indonesia Dewasa Ini. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan. Bandung .e-Journal. Universitas Katolik Parahyangan. Bandung.

Sari, Diana.2013. Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan, Penyelesaian Temuan Audit Terhadap Penerapan Prinsip-Prinsip Tata Kelola Pemerintahan yang Baik(Penelitian Pada Pemerintah Daerah Di Provinsi Jawa Barat Dan Banten). Simposium Nasional Akuntansi XVI. Universitas Widyatama Bandung.

Suastawan,Made Indra Dwi Putra., Edy Sujana, dan Ni Luh Gede Erni Sulindawati. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi, Proactive Fraud Audit, Dan Whistleblowing Terhadap Pencegahan Kecurangan Dalam Pengelolaan Dana Bos Studi Empiris Pada Sekolah-Sekolah Di Kabupaten Buleleng. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 Vol: 7 No: 1 Tahun 2017.

Sufiati, Rahman Pura.2014.Implikasi Penerapan Internal Control Terhadap Pencegahan Fraud Atas Pengelolaan Dana BOS. E-Journal Vol: 4,No 2 Tahun 2014.

Sukirman dan Maylia Pramono Sari. 2013. Model Deteksi Kecurangan Berbasis Fraud Triangle Studi Kasus Pada Perusahaan Publik Di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Auditing..e-Journal. Universitas Negeri Semarang Volume 9/No. 2/MEI 2013 : 199 – 225.

Susilawati dan Rr Anggun Kartika Dewi. 2018. Budaya Organisasi, Efektivitas Pengendalian Internal dan Fraud. Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi.

Theodorus M. Tuanakota, 2010, Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif, Salemba Empat (T)

Tribun-Bali.Com, Denpasar. (diakses: 13 September 2018)

Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2006. Tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Teori Keagenan (Agency Theory). (diakses: 12 September 2018).

Undang-Undang Republik Indonesianomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wardana, Gede Adi Kusuma., Edy Sujana, dan Made Arie Wahyuni. 2017. Pengaruh Pengendalian Internal, Whistleblowing System Dan Moralitas Aparat Terhadap Pencegahan Fraud Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Buleleng. e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1,Vol: 8 No: 2 Tahun 2017.

Wulandari, Trisna. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi, Peran Audit Internal, dan Whistleblowing System Terhadap Pencegahan Kecurangan. Skripsi. Univeritas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Zelmiyanti, Riri dan Lili Anita. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Peran Auditor Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan Dengan Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis Vol. 8, November 2015, 67-76.




DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v9i1.4311

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.