FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM DI KOTA TENATE

Iwan S. Seber, Nurul Fajriyanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman akuntansi dan sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan dengan melakukan studi kasus pada UMKM di Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yaitu usaha mikro di kota Ternate. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 99 responden, dengan metode purposive sampling. Data primer digunakan yang bersumber dari kuesioner yang disebarkan langsung pada objek penelitian, serta analisis data menggunakan Statistik Deskriptif dan Partial Least Square (PLS) 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, pemahaman akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, kemudian sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dan pemahaman akuntansi dan sumber daya manusia secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.

Kata Kunci: Pemahaman Akuntansi, Sumber Daya Manusia, dan Kualitas Laporan Keuangan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anugraheni, Septi.(2016).Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kualittas Laporan Keuangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM). Jurnal Ilmiah FEB. Volume 4. Nomor 2.

Arief Sugiono dan Edy Untung. (2016). Panduan Praktis Dasar Analisis Laporan Keuangan Edisi Revisi. Jakarta: Grasindo.

Astitu, Nurul Puji. (2014). Analisis Persepsi UMKM atas Pelaporan Keuangan pada UMKM dipasar Porang Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Chariri, Anis dan Imam Ghozali. (2014). Teori Akuntansi Internasional Financial Reporting Standards. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Departemen Koperasi. (2015). Tersedia di: www.depkop.go.id. Situs Resmi Departemen Koperasi.

Dessler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Devi, Putu Emy Susma. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Pemahaman Akuntansi dan Ukuran Usaha tehadap Kualitas Laporan Keuangan pada UMKM.e-jurnal Universittas Pendidikan Ganesha, Volume 8, Nomor 2.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam dan Latan. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0. Ed 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I dan Latan, H. (2012). Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Ed 6. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mahduh dan Abdul, Halim. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ketujuh, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. (2013). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Husein, Umar. (2014), Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta

https://www.peraturan.bpk.go.id/peraturan-daerah(PERDA)-tentang-tugad-dan-fungsi-dinas-koperasi-dan-usaha-kecil-menegah-kota-ternate

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menegah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia.

Ikatan Akuntansi Indonesia. PSAK No. 1 tentang Laporan Keuangan-Edisi Revisi 2015. Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan: PT. Raja Grafindo.

Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha MIkro, Kecil dan Menegah.

Ismunawan, Nurul Septyani. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Penelitian Teori dan Terapan Akuntansi. Vol 5 No2, Juli.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lestari, Wahyu Sri dan Maswar, Patuh Priyadi. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Berbasis SAK-ETAP pada UMKM. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol 6 No 10, Oktober.

Mulyani, Sri (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan pada UMKM di Kabupaten Kudus. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis. Vol 11 No 2, Oktober.

Muslimin (2016). “pengaruh motivasi belajar, partisipasi belajar, pemahaman akuntansi, minat belajar dan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Maritim Raja Ali Haji tahun 2016â€. Jurnal Akuntansi. Fakultas Akuntansi Universitas Maritim Raja Ali Haji

Putri, dkk (2015). Tantangan yang dihadapi UMKM Indonesia pada Era ASEAN CHINA FREE 2015. Syariah Paper Accounting. ISSN 2460-6784.

Rosdiani, Hayyuning Tyas. (2011). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Audit Laporan Keuangan, dan Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kualitas Lapooran Keuangan. Jakarta: (UIN Syarif Hidayatullah) Skripsi.

Shatu, Yayah Pudin. 2016. Kuasai Detail Akuntansi Laba dan Rugi. Pustaka Ilmu Semesta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Mathods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Sutrisno, Edy. (2015).manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan Ketujuh). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menegah UMKM.

Widari, Liziana dan Sutrisno. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Intternal Pemerintah dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah pada SPPDKAD, SETDA dan KOMINFO Kota Sukabumi. ISSN 20886969, Vol.5 Edisi 10.




DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v10i1.5531

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.