PENGARUH KEADILAN TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada OPD KOTA TERNATE)

Herman Darwis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh keadilan prosedural terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi dan untuk memberikan bukti empiris pengaruh keadilan distributif terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pengelola keuangan dari 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD)Kota Ternate yang terdiri dari 23 Dinas, 6 Badan dan 1 Kantor. Tehnik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa keadilan prosedural berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Penelitian ini juga  menemukan bahwa keadilan distributive berpengaruh negative terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi,

Kata Kunci: keadilan prosedural, keadilan distributif, kecenderungan kecurangan akuntansi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, Ardiyani, Ardianingsih (2016). Analisis Faktor-Faktor Penentu Kecurangan (Fraud) Pada Sektor Pemerintahan (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Pekalongan). Jurnal litbang kota pekalongan vol.10, 2016.

Afidatul Lailiyah. (2016). Variabel-variabel yang Berpengaruh Terhadap Kecurangan (Fraud) di Sektor Pemerin-tahan: Persepsi Pegawai di bidang Keuangan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sitobondo. Skripsi. Universitas Jember

Aprilliyanti, Wulandari. 2018. Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Asimetri Informasi, Budaya Etis Organisasi Dan Keadilan Prosedural Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) Pada Pemerintah Kota Kendari.SKRIPSI.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arifah Anna. 2017. Pengaruh Ketaatan Aturan Akuntansi, Keefektifan Pengendalian Internal, Kesesuaian Kompensasi, Keadilan Prosedural, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta).Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Colquitt,J., et al. 2001. On the Dimensionality of Organizational Justice: A Construct Validation of a Measure. Journal of Applied Psychology, JAP (86) 3, 386-400.

Didi. 2016.Pengaruh Keadilan Distributif Dan Keadilan Prosedural Terhadap Kecenderungan Pegawai Untuk Berbuat Curang (Fraud) Dengan Ketaatan Aturan Akuntansi Sebagai Variabel Mediasi. JURNAL AKUNIDA ISSN 2442-3033 Volume 2 Nomor 2, Desember 2016. Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor)

Fahrunisa, (2015). Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Dan Budaya Etis Organisasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) Akuntansi (Studi Empiris Pada SKPD Kabupaten Kampar)Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015. Universitas Riau.Pekanbaru)

Fitrawansyah. 2014. Fraud Auditing. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Kaharuddin dkk. 2012. Pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, dan Keadilan Interaksional terhadap Kepuasan Pegawai Pajak Kota Makassar.

Najahningrum, Anik Fatun. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fraud: Persepsi Pegawai Dinas Provinsi DIY. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES

Priantara, D. 2013. Fraud Auditing & Investigation. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Yulianti, Diyah Fitri. 2016. Pengaruh Moralitas Individu, Penegakan Hukum, Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kampar ). Jurnal Online Mahasiswa. Fakultas Ekonomi, Universitas Riau).




DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v7i1.5704

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.