PERBANDINGAN HARGA SAHAM, VOLUME PERDAGANGAN DAN ABNORMAL RETURN SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT PADA PERUSAHAAN BERTUMBUH DAN TIDAK BERTUMBUH (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA) PERIODE 2014-2018

Akasy Ayu Karim, Herman Darwis, Meliana Meliana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perbandingan Harga Saham, Volume Perdagangan Saham dan Abnormal Return Sebelum dan Sesudah Stock Split Pada Perusahaan Bertumbuh dan Tidak Bertumbuh. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Stock Split yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014-2018. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 25 sampel perusahaan, terdiri dari 15 perusahaan bertumbuh dan 10 perusahaan tidak bertumbuh. Kategori perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh mengunakan Investment Opportunity Set proksi Tobins’Q Penelitian ini menggunakan metode Uji Beda yaitu Paired Samples T-Test, dan Wilcoxon Signed Rank Test dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian pengujian menunjukan bahwa terdapat perbedaaan harga saham sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan tidak bertumbuh, dan tidak terdapat perbedaan harga saham sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh. Tidak terdapat perbedaan volume perdagangan saham dan abnormal return sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh. Tidak terdapat perbedaan harga saham, volume perdagangan saham dan abnormal returnsesudahstock split antara perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh.

Kata Kunci : Stock Split, Harga Saham, Volume Perdagangan Saham, Abnormal Return   Perusahaan Bertumbuh dan Tidak Bertumbuh.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, An Ras Try. 2012. Analisis Pengaruh Stock Split Terhadap Harga Saham Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Makassar : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Astuti, Destry Widi. 2015. Dampak Stock Split Terhadap Likuiditas saham. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Program Stusi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalimunthe, Mardiyanti Tiya. 2015. Analisis Pengaruh Stock Split Terhadap Harga Saham, Volume Perdagangan, dan Abnormal Return Pada Perusahaan Bertumbuh dan Tidak Bertumbuh.Jom FEKON. Vol.2 No.2 Oktober 2015. Pekanbaru : Faculty of Economics Riau University.

Elistarani,Putu Raras dan Kesuma, I Ketut Wijaya. Analisis Perbandingan Abnrmal Return dan Likuiditas Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Febrianty, Vinna. 2019. Analisis Abnormal Return, Volume Perdagangan, Bis-Ask Spread dan Harga Saham Pada Masa Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2016) Skripsi. Ternate : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Khairun Ternate.

Fortuna, Chotyahani Hasna Rizka. 2010. Analisis Pengaruh Stock Split Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ginting,Selaras Christiani dan Rahyuda,Henny. 2014. Perbedaaan Volume Perdagangan Saham dan Abnormal Return Sebelum dan Sesudah Peristiwa Stock Split pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Hendrawijaya, Michel. 2009. Analisis Perbandingan Harga Saham, Volume Perdagangan Saham, dan Abnormal Return Saham Sebelum dan Sesudah Pemecahan Saham (Studi pada perusahaan go public yang melakukan pemecahan saham antara tahun 2005-2008 di BEI). Tesis. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Hosen, Ahmad Zakky Firdaus , Akandar, Noor Shodiq dan Amin,Moh. 2019. Analisis Pengaruh Stock Split Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2017. E-JRA Vol.08 No.04 Februari 2019. Malang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Irawansyah, Muhammad Ajib, Saryadi, Adi Wijayanto. Analisis Perbedaan Tingkat Harga Pasar Saham, Return Saham, dan Volume Perdagangan Saham Perusahaan Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Melakukan Stock Split Periode 2008-2012). Semarang: Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro.

Janiantari, I Gusti Ayu dan Badera, I Dewa Nyoman. 2014. Analisis Perbedaan Bid-Ask Spread dan Abnormal Return Saham Sebagai Dampak dari Pengumuman Stock Split. ISSN: 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8.2 (2014): 267-282. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud) Bali, Indonesia.

Kristianiarso, Aloysius Adimas. 2014. Analisis Perbedaan Likuiditas Saham, Harga Saham, dan Return Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi pada perusahaan Go Public yang melakukan Stock Split Periode 2011-2014). Jurnal OE, Volume VI, November No.3,2014. 345-358. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Larasanti, Ni Nyoman Ayu. 2017. Analisis Pengaruh Pemecahan Saham (Stock Split) Terhadap Harga Saham dan Volume Perdagangan Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2015. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.

Masyithoh, Siti. 2018. Stock Split Saham dan Dampaknya Terhadap Volume Perdagangan dan Abnormal Return Saham. Riset&Jurnal Akuntansi Volume 2 Nomor 1 Februari 2018. Samarinda: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Mila W, I Gusti Ayu. 2010. Analisis Pengaruh Pemecahan Saham (Stock Split) Terhadap Volume Perdagangan dan Abnormal Return Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2009. Skripsi,Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Munthe, Kornel. 2016. Perbandingan abnormal return dan likuiditas saham sebelum dan sesudah stock split studi pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Jurnal Akuntansi/Volume XX, No.02, Mei 2016: 254-266. Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas.

Prasetyo,Hendrik , Endang, R. Anastasia dan Sari,Ati Retna. 2016. Stock split terhadap Harga Saham pada Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal : Program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang.

Prasiska,Yuliana dan Nuzula,Nila Firdausi. 2018. Analisis Abnormal Return dan Bid-ask Spread Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Pada Perusahaan Go Public di BEI Tahun 2013-2017). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) vol.59. No 1 Juni 2018. Malang : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Prof. Dr. Jogiyanto Hartono, M.B.A., C.A. 2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi 11.

Rahayu dan Murti. 2017. Pengaruh Pemecahan (Stock Split) Terhadap Return Saham, Bid-Ask Spread dan Trading Valume Activity Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2013. JURNAL AKUNTANSI FE-UB. Vol 11 No. 1 April 2017.

Sakti, Paramita Oktaviana. 2013. Analisis Pengaruh Stock Split Terhadap Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham pada perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia 2008-2012. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Sandra, Ahmad Zeky, Moh.Amin dan Junaidi. 2018. Analisis Pengaruh Stock Split terhadap Harga Saham dan Volume Perdagangan Saham pada erusahaan yang terdaftar di BEI 2014-2017. E-JRA Vol.07 No.12 Agustus 2018 : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Sandi, Ranti Putri. 2019. Pengaruh Stock Split Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Go-Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Medan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universtas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Trijunanto, Enggar. Analisis Pengaruh Pemecahan Saham (Stock Split) Terhadap Abnormal Return Saham dan Likuiditas Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2011-2015.

Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Widiatmoko, Arif dan Paramita, V.Santi. 2017. Analisis Perbedaaan Return Saham, Tranding Volume Activity dan Bid-Ask Spread Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014). Jurnal Manajemen Vol.14 No.1 Mei 2017: 17:32. Cimahi, Jawa Barat: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani.




DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v10i1.5877

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.