EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM PENGUKURAN KINERJA (STUDI PADA POLTEKKES KEMENKES TERNATE)

Sheila Kusumaningrum

Sari


Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui apakah terdapat hubungan yang logis pada sistem pengukuran kinerja, mengetahui hasil evaluasi indikator kinerja dengan pengukuran kinerja  model cetak biru, dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung implementasi sistem  pengukuran kinerja pada Poltekkes Kemenkes Ternate. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis sumber data yaitu  berupa data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan degan metode observasi dan wawancara pada responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi model alur logika Performance Blueprint, Analisis 4 Kuadran friedman, dan analisis tematik untuk data hasil wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan sistem pengukuran kinerja dari mulai perencanaan sampai dengan pelaporan kinerja di Poltekkes Ternate sudah cukup memberikan gambaran kesesuaian informasi (hubungan yang logis).  Hasil evaluasi indikator kinerja  pada dokumen perencanaan dan pelaporan Poltekkes Ternate menggunakan 4 kuadran menghasilkan bahwa dari 36 indikator kinerja, sebagian besar yaitu 15 indikator (41,76%) masuk kuadran prioritas 4 pada kuantitas upaya, sehingga secara umum indikator kinerja masih berorientasi upaya bukan hasil. Faktor pendukung penyusunan indikator kinerja Poltekkes Ternate adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi, peraturan-peraturan yang berhubungan dengan SAKIP dan LAKIP, kondisi riil instansi Poltekkes Ternate, dan Proses penjaringan usulan sifatnya secara bottom up dari masing-masing jurusan dan unit yang ada. Sedangkan faktor penghambat diantaranya hal-hal yang tidak dapat dikendalikan Poltekkes Ternate, seperti: bencana alam (force majeure), data mahasiswa yang lulus tidak terpantau 100%, adanya perubahan APBN, dan perpindahan SDM Poltekkes .

Kata Kunci: New Public Management , Performance Blueprint, Indikator Kinerja, logic Models, analisis 4 kuadran, Poltekkes.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar , Rusdi, Pilcher, Robyn, Perrin, Brian, 2012, "Performance measurement in Indonesia: the case of local government", Pacific Accounting Review, Vol. 24 Iss: 3 pp. 262 – 291.

Akbar, Rusdi, Pilcher, Robyn, Perrin, Brian, 2015, "Implementing performance measurement systems", Qualitative Research in Accounting & Management, Vol. 12 Iss 1 pp. 3 - 33

BPKP. 2000. Pengukuran Kinerja: Suatu Tinjauan Pada Instansi Pemerintah, Jakarta: BPKP.

Braun, V., & Clarke, V. 2006. Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3, 77-101.

Campbell. J. P., and Campbell, R. J. 1990. Productivity in organizations. San Fransisco: Josey-Bass Publisher.

Dwiyanto, Agus. 2008. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Fauziah, D. Zulfi. 2014. Evaluasi penyusunan indikator kinerja berbasis logic model pada Pemerintah Kota Tangerang. Tesis Magister Akutansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Friedman. 2005. Trying Hard Is Not Good Enough : How to Produce Measurable Improvementsfor Customers and Communities. FPSI. Publishing.

Gumilar, Ahmad R. 2014. Evaluasi Rencana Kerja Dan Anggaran Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral Dengan Pendekatan Model Logika (Logic Model). Tesis Magister Akutansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Hasibuan, Malayu S.P. 2004.Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke Tujuh, edisi revisi, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hendarto, A. 2012. Relevansi New Public Management di Indonesia. Top CareerMagazine Vol. 8 – Juni.

Jones, Rowan and Maurice Pendlebury. 1993. Public Sector Accounting. 4th Edition. London: Pitman Publishing.

Kellogg, W.K. 2004. Logic Model Development Guide. Battle Creek, Michigan.

Keban, Jeremias T. 2003. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik : Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Knowlton, L.W. & Phillips, C.C. 2013. The Logic Model Guidebook: Better Strategies for Great Results (2nd Edition), Thousand Oaks, CA: Sage.

Longo, Paul J. 2004. “Logic Models in Evaluation Design.†Ohio Program Evaluator Group, Evaluation Basic Workshop, November 15&16, 2004, 2011. An Approach to performance Measurement: Using the performance blueprint and Related Ongoing performance Measurement & Management (OPM&M) Techniques). Lates Version. http://paullongo.org/products.html.

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Mahsun, Mohammad. 2013. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Edisi Pertama – Cetakan Keempat, Yogyakarta: BPFE Fakultas Ekonomi UGM.

Mardiasmo, 2009. Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta: Andi Offset.

Megister Akuntansi, 2014. Panduan Pedoman Umum Penulisan Tesis MAKSI UGM, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Niven, Paul R., 2003. Balanced Scorecard Step-By-Step for Goverment and Non Profit Agencies, John Wney & sons, inc.

Ohio Department of Job and Family Services dan ILGARD – Ohio University. 2002. “Setting Outcomes, Measuring Resultsâ€. Dalam Workshop on Performance Measurement, Ohio. Ohio University.

Sadik, Zul QA. 2014. Evaluasi Penyusunan Indikator Kinerja Pada Pemerintah Kota Surakarta, Tesis Magister Akutansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit ALFABETA. Steers, Richard M. 2003. Efektivitas Organisasi. Terjemahan Magdalena Jamin. Jakarta: Erlangga.

Robbins, SP. and Judge. 2007.Organisasi Perilaku, Alih

Bahasa Drs. Benjamin Molan, Jakarta Salemba Empat.

Thoha, Miftah. 2008. Birokrasi Pemerintahan Indonesia di Era Reformasi (Cet-2) Jakarta: Kencana.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Wijanarko, Bambang. 2013. Evaluasi Pengembangan Indikator Kinerja : Studi Kasus Di Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP), Tesis Magister Akutansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Zein, Meizanti L. 2014. Evaluasi pengukuran kinerja (studi di Dinas Gedung dan Aset Daerah Kota Yogyakarta), Tesis Magister Akutansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Sumber lain:

Peraturan Presiden No. 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Intruksi Presiden No. 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Intsitusi Pemerintah.

LAKIP Poltekkes Kemenkes Ternate 2013

TAPKIN Poltekkes Kemenkes Ternate 2013

Profil Poltekes Kemenkes Ternate 2013

Rencana Operasional (Renop) Poltekkes Kemenkes Ternate 2013.

Rencana Strategis Politeknik Kementerian Kesehatan Ternate 2010-2014




DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v10i2.5914

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.