PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFISIENT (ERC) DENGAN KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Asrudin Hormati, Septy Indra Santoso

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap Earnings Response Coefficient dengan ketepatan waktu pelaporan keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang menyajikan laporan tahunan selama tahun 2010-2013, Tidak mengalami kerugian, Menampilkan data tanggal penyampaian laporan keuangan tahunan ke Bapepam, dan Mempunyai data lengkap (harga saham harian dan IHSG) jumlah sampel penelitian sebanyak 128. Teknik analisis yang digunakan analisis jalur (path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen secara langsung berpengaruh signifikan terhadap Earnings Response Coefficient. hasil pengujian secara tidak langsung menunjukan bahwa variabel ketepatan waktu pelaporan keuangan mampu memediasi antara variabel leverage dengan variabel Earnings Response Coefficient. Sedangkan variabel ketepatan waktu tidak mampu memediasi antara variabel ukuran perusahaan terhadap variabel ERC.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v6i2.6010

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.