PENGARUH PERIKLANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL GRAND DAFAM BELA TERNATE (STUDI PADA TAMU YANG MENGINAP DI HOTEL)

Ibnu Sina Hi Jusuf, Laela Laela, Firda Novita Sari

Abstract


This study aims to examine the influence of advertising and facilities on the decision to stay at the grand hotel dafam Bela Ternate. The sample in this study amounted to 65 respondents. The sampling technique uses non probality sampling technique and the data collection technique used is by distributing questionnaires, interviews and observations. Data analysis in this study is using multiple regression analysis.  The results of this study  indicate  that  partially  the  Advertising Variables (X1), Facilities (X2), have a positive and significant effect on the decision to stay and simultaneously or together Advertising Variables (X1), Facilities (X2), influence the decision to stay at the Hotel Grand Dafam Bela Ternate.

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2013. Metodologi penelitian sosial dan ekonomi: format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan, public, komunikasi, manajemen dan pemasaran. Kencana pranada.

Engel, James F, 1994, Perilaku Konsumen Jilid 1, Jakarta: Binarupa Aksara. Efrianto,2016.pengaruh harga, lokasi,promosi, dan layanan,terhadap keputusan menginap di Hotel The Alana Surabaya,jurnal ilmu dan riset manajemen,sekolah tinggi ekonomiindonesia (STIESIA),Vol 5, No. 9.

Hartini, 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, Fasilitas, harga dan lokasi terhadap keputusan konsumen untuk menginap di hotel sakura palangkaraya. AL- ULUM ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA,STIE palangkaraya. Vol. 3, No. 1.

Ghozali, Imam. 2003. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€.Badan Penerbit Universitas Diponegoro

……. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS21 Update PLS Regresi, Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati, R., 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Kotler, Philip dan Armstrong., 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga Lupiyoadi,

Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Malau Harman, 2017. Manajemen pemsaran Teori dan aplikasi pemasaran era tradisional sampai era modernisasi global. Bandung: Penerbit Alfabeta

Molika Enne, Yusri Abdillah, dan Edriana. 2017.Pengaruh Bauran Promosi Hotel Terhadap Keputusan Menginap Bussiness Travereler Di Hotel Bisnis. Jurnal Administrasi dan Bisnis. Universitas Brawijaya Malang.Vol.44 No.1.

Muanas, Arif., dkk., 2013. Manajemen Pemasaran. Sleman: Asnalitera.

Noor, Juliansah, 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Pristantanto DKK., 2012. Analisis faktor-fakor yang mempengaruhi keputusan menginap pada hotel bintang mulia jember. Universitas Jember (UNEJ). No 1, Vol 1.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung.

………..2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy, 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

………..2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi

Wijaya, Tony. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis Teori Dan Praktik. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J. & Gremler, D.D. 2013. Service Marketing, Integrating Customer Focus Across The Firm, 6th Edition. New York: Mc Graw Hill.




DOI: https://doi.org/10.33387/jms.v5i2.1306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia. 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.