PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODELDISCOVERY LEARNING DAN MODELCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR

Sunia Djami, Ariyanti Jalal, Joko Suratno

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah model Discovery Learning dan setelah model CTL, 2) mendeskripsikan peningkatan  kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model Discovery Learning dan model CTL, dan 3) mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model CTL lebih tinggi daripada modelDiscovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi-experrimental. Sampel diambil dengan purposive sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen-2. Teknik pengumpulan data dan menggunakan teknik tes. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik parametrik, yakni uji independent sample tdimaksudkan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah model Discovery Learning dan CTL. Hasil penelitian yaitu kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model CTL lebih tinggi daripada model Discovery Learning. Berdasarkan analisis data kelas ekperimen-1 diperoleh bahwa: kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model Discovery Learning kualifikasi baik sekali 18,2%, baik 63,7%, dan cukup 18,1%. Sedangkan analisis data kelas eksperimen-2 diperoleh bahwa: kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model CTL kualifikasi baik sekali 57,1% dan baik 42,9%. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi operasi bentuk aljabar melalui model CTL lebih tinggi daripada modelDiscovery Learning.

 

Kata Kunci:Model Discovery Learning, model CTL, Kemampuan Pemahaman Matematis


Teks Lengkap:

Hal. 39-55

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.