PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK FISIK BENDA NYATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA-4 SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA KONSEP ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

Asrita Sukur Kayum, Rohima Wahyu Ningrum, Hj. Mardiah Hi. Rahman

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri menggunakan media objek fisik benda nyata terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA-4 SMA Negeri 5 Kota Ternate pada konsep elastisitas dan hukum Hooke. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat korelasi dan desain yang digunakan adalah desain eksperimen one shot cose study dengan instrumen yang digunakan adalah soal tes dan angket. Adapun teknik pengumpulan data adalah teknik tes dalam bentuk essay yang berjumlah 15 item dengan skor total 122 dan teknik analisis data menggunakan statistik uji-t.

Berdasarkan analisis data, menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri menggunakan media objek fisik benda nyata terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukan dengan perolehan data analisis dengan menggunakan uji regresi sederhana diperoleh Y = 19,993 + 0,429 X, pengujian keberartian persamaan regresi sederhana diperoleh Fhitung = 10,60 dan Ftabel = 4,49 persamaan regresi tersebut berarti atau signifikan. Untuk kelinieran persamaan regresi diperoleh Fhitung = 1,10 dan Ftabel = 3,20 persamaan regresi tersebut linear. Koefisien korelasi diperoleh nilai r = 0,63 sedangkan untuk menguji keberartian korelasi diperoleh thitung= 3,24 dan ttabel= 2,12. Dari uraian di atas disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara model pembelajaran inkuiri menggunakan media objek fisik benda nyata terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Model Inkuiri, Media Objek Fisik Benda Nyata, Hasil Belajar


Teks Lengkap:

Hal. 74-86

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.