PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERINTEGRASI DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Sumarti Zakaria, Chumidach Roini, Taslim D Nur

Sari


Pendidkikan merupakan sebuah aktifitas yang integral yang mencangkup target, metode dan sarana dalam membentuk manusia yang mampu berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungannya, baik internal maupun eksternal demi terwujudnya kemajuan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi di dalam dirinya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terintegrasi Discovery Learning (DL) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy Experiment). Sampel penelitian ini terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X-IPA2 sebagai kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran STAD terintegrasi DL, X-IPA1 diajar menggunakan model pembelajaran STAD, danX-IPA3diajar menggunakan DL. Kelas X-IPA1 dan X-IPA3 merupakan kelas kontrol. Materi biologi yang diajarkan pada penelitian ini adalah tentang virus. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 84 peserta didik. Sedangkan sampelnya merupakan sampel total. Pengumpulan data hasil belajar peserta didik dilakukan menggunakan instrumen dalam bentuk soal tes essay dan pilihan ganda. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji Anacova berbantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD terintegrasi DL berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar pada model STAD terintegrasi DL sebesar 73,33;  DL  sebesar 59,49; dan STAD sebesar 56,22.

Kata Kunci


student team achievement division; discovery learning; hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asyfa, F & Supardi (2020) Pengaruh Discovery Learning Terintegrasi Cooperative Learning Stad Dengan Sem Terhadap Hasil Belajar Kimia. Journal of Chemistry In Education. ISSN NO 2252-6609

Daryanto & Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Gava Media Daerah Istimewa Jokjakarta.

Ibrahim, M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Abadi, IWK. 2008. Kegiatan Belajar Mengajar: Model Pembelajaran. (Online). http://guru-kbm.blogspot.com/2008/05/model-pembelajaran.html. (diakses peada tanggal 20 Maret 2022).

Kumalasari, D. 2015. Dampak model discovery learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA-FISIKA siswa di MTs Negeri 1 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 80-86. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/1866

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurlaila. 2010. Hubungan antara Pengetahuan Penyakit Menular Seksual dengan sikap seksual pranikah pada mahasiswa semester II FIKKES UNIMUS. Skripsi dipublikasikan. (online). Digilib.unimus.ac.id. (diakses tanggal 15 Mei 2015).

Putra, Zetra Hainul. 2014. Buku kuliah Terintegrasi Rencana Pembelajaran Sekolah Dasar. Zesya Publisher: Pekan Baru

Trianto. 2019. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarata: Kencana.

Ramlah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dipadu Dengan Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 2 Wanasaba Tahun Pelajaran 2018/2019.Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

Rima & Suhandi. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Student Team Achievment Divisions (Stad) Dan Teams Game Tournament (Tgt) Siswa. JTIEE, Vol 2 No 1, 2

Suriyah, P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif STAD with guided discovery learning pada Materi Pokok Lingkaran Ditinjau dari Adversity Quotient (QA). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(3), 256–267

Wulansih, 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Keluarga dengan Kekambuhan pada Pasien Skizofrenia di RSJD Surakarta. Berita Ilmu Keperawatan, ISSN 1979-2697, Vol. 1 No. 4, 181-186. publikasiilmiah.ums.ac.id

William and Flora Hewlett Foundation. 2014. Deeper Learning for Every Student Every Day. (online). www.hewlett.org. (diakses 20 Maret 2022)




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i1.4416

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.