Kesalahan siswa kelas unggulan dalam menyelesaikan soal materi pecahan berdasarkan langkah-langkah Polya

Yuki Yulita, Naufal Ishartono

Sari


Telah banyak hasil penelitian terdahulu yang mengkaji terkait kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pecahan ditinjau dari langkah-langkah Polya. Namun ditemukan masih sedikit penelitian yang mengkaji kasus tersebut terhadap siswa di kelas unggulan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa kelas unggulan dalam menyelesaikan soal materi pecahan berdasarkan langkah-langkah Polya serta faktor-faktornya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah siswa yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah sebanyak enam orang siswa kelas unggulan di SMA Negeri 1 Cilacap pada bulan Oktober 2020 sampai dengan bulan Februari 2021 yang dipilih menggunakan tehnik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini, siswa cenderung salah pada tiga tahapan Polya yaitu  (1) pada langkah Understanding The Problem dimana siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan tidak menuliskan apa yang ditanyakan pada soal serta hanya menuliskan apa yang diketahui tetapi tidak menuliskan apa yang ditanyakan, (2) pada langkah Make A Plan dimana siswa salah dan tidak sesuai dengan permasalahan dalam membuat rencana yang digunakan untuk menyelesaikan soal, menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal tetapi kurang tepat, dan (3) pada langkah Carry Out The Plan dimana siswa melakukan kesalahan dalam perhitungan. Sedangkan pada tahap Look Back, siswa tidak mengalami kesalahan. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan antara lain siswa merasa takut terkait tidak cukupnya waktu untuk menjawab soal, siswa terburu-buru dalam menjawab soal, kebiasaan siswa dalam menjawab soal, siswa tidak paham maksud soal, siswa tidak teliti dalam membaca soal, siswa kurang memahami soal, tergesa-gesa dalam menjawab dan menghitung dan tidak teliti dalam melakukan perhitungan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfath, K., & Raharjo, F. F. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam.

Braithwaite, D. W., Tian, J., & Siegler, R. S. (2018). Do children understand fraction addition? Developmental Science. https://doi.org/10.1111/desc.12601

Brown, M., Bossé, M. J., & Chandler, K. (2016). Student errors in dynamic mathematical environments. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 17(1), 1–27.

Damayanti, N. W., & Mayangsari, S. N. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389

Erfani, A., Rokhman, M. S., & Sholikhakh, R. A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial menurut Polya A . Pendahuluan Suhaedi dalam

Avinda Fridanianti ( 2018 ) mengatakan bahwa Aljabar merupakan materi yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa , . 11(2), 306–314.

Hananta, O. F. I., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 29. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.900

Hartiningrum, E. S. N., Utomo, E. S., & Listyanti, N. M. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesalahan Siswa dengan Kepribadian Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3079

Herholdt, R., & Sapire, I. (2014). An error analysis in the early grades mathematics – a learning opportunity? South African Journal of Childhood Education. https://doi.org/10.4102/sajce.v4i1.46

Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622

Ishartono, N. (2016). Guided Discovery : A Method to Minim ize The Tendency of Students ’ Rote - Learning Behavior in Studying Trigonometry. 3RD INTERNATIONAL CONFERENCE ON RESEARCH, IMPLEMENTATION AND EDUCATION OF MATHEMATICS AND SCIENCE, (May), 16–17.

Kania, N. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan George Polya. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1), 19–40. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2711

Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Kemendikbud. (2019). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.

Lestiana, H. T., Rejeki, S., & Setyawan, F. (2017). Identifying Students’ Errors on Fractions. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 131–139. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3396

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis : Handout. A Sourcebook of New Methods. California; SAGE Publications Inc.

Nugroho, R. A., & Sutarni, S. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Polya. Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.983

OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd.

Permendikbud. (2013). Peraturan Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. In Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebedayaan.

Polya, G. (1973). A New Aspect of Mathematical Menthod. The Mathematical Gazette.

Pujilestari. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sma Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar. Jisp.

Rahmasantika, D., & Prahmana, R. (2018). Analisis kesalahan siswa pada operasi hitung pecahan berdasarkan tingkat kecerdasan siswa. Journal of Honai Math, 1(2), 81–92.

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn Pengawu. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3760

Sudijono, A. (2009). Pengantar statistik pendidikan edisi I. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutama. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D). Surakarta: Fairuz Media.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3208

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0