Kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal PMRI konteks ornamen jati diri Sumatera Selatan
Sari
Abstrak :
Berpikir reflektif dalam matematika merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dikuasai oleh siswa dalam menyelesaikan masalah. Dengan berpikir reflektif siswa dapat mengkaitkan beberapa pengetahuan yang ada untuk merumuskan dan memecahkan suatu masalah baru. Namun kenyataannya berpikir reflektif tidak terpenuhi secara optimal karena kurang diperhatikan dan kurang kesempatan dalam mengembangkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemunculan indikator kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal PMRI konteks ornamen jati diri Sumatera Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 3 siswa kelas VIII SMP. Penelitian dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan tiga aktivitas, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa indikator yang banyak muncul adalah reacting dan elaborating. Sedangkan indikator yang sedikit muncul adalah contemplanting.
Â
Kata kunci: Berpikir Reflektif; PMRI; Ornamen Jati Diri Sumatera Selatan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andayanim W. D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Baris dan Deret Aritmatika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wedi Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Kalten: Universitas Widya Dharma.
Darto, & Putriani, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Problem Solving Berbasis Budaya Melayu. KNPMP IV (pp. 1-13). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fransiska, M., Kesumawati, N., & Nurmilasari, N. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis PMRI Materi Perkalian Bilangan Bulat Kelas V SD. JPDK, 4(1): 8—22.
Fuady, A. (2016). Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 104—112.
Isro’il, A., Sukiyanto. & Pujiono. (2020). Proses Berpikir Siswa Madrasah Aliyah Dalam Membuat Peta Konsep Turunan Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik. CENDEKIA, 12(2): 143—154.
Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 3(1): 49—56.
Khairumasabandar, N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas X Listrik A SMK Muhammadiyah Ambon. Skripsi. Institut Agama Islam IAIN Ambon.
King, FJ., Goodson, L., & Rohani, F. (1997). Higher Order Thinking Skills: Definition, Teaching Startegies, Assessment. www.cala.fsu.edu.
Lusianisita, R. & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Siswa SMAN dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. 4(2): 93—102.
Mahfuzah,A. (2019). Peningkatan Berpikir Reflektif Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mukhtasar, Ikhsan, M., & Hajidin. (2018). Proses Berpikir Lateral Siswa Madrasah Aliyah Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Melalui Pendekatan Openended. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan , 331—346.
Munir, M., & Sholehah, H. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Al-Muta'aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 33—42.
Nisak, L. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Sematik, Figural, dan Simbolik pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas XII IPA di MAN Nglawak Kertosono Nganjuk. Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.
Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nomor 2 Tahun 2021: ArsitekturBangunan Gedung Berornamen Jati Diri Budaya Di Sumatera Selatan.
Purba, G. F., dkk. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Konsep Merdeka Belajar. SEPREN. 4(1):23—33.
Ramadhani, N. F., & Aini, I. N. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika (pp. 754-761). Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Reskiah, Rahman, A., & Dassa, A. (2018). Profil Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Wonomulyo Sulbar. Prosiding Seminar Nasional. 3(1): 138—146.
Surbeck, E., Han, E. P., & Moyer, J. E. (1991). Assessing Reflective Responses in Journals.
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dikrektorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sohilait, E. (2017). Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan PMRI Dengan Konteks Budaya Masohi Pada Materi Perbandingan Senilai. Tesis. Universitas Negeri Manado.
Yuliyanti, R. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Bernuansi Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Zebua, V., Rahmi,. & Yusri, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Baris dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. LEMMA. 6(2):122—133.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.5455
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.