PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 8 KOTA TIDORE

Iksan Gula

Sari


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang perbedaan komunikasi matematika dengan model Pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran langsung ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian eksperimen semu dengan desain treatment by level 2 x 2 ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Tidore pada semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Data penelitian diperoleh melalui tes komunikasi matematika dan angket Motivasi Belajar. Analisis data komunikasi matematika di dasarkan pada pengelompokkan skor angket motivasi belajar yang terbagi atas motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Data penelitian dianalisis dengan ANAVA 2 jalur dan Uji Tuckey. Hasil penemuan diperoleh: (1) komunikasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap komunikasi matematika, (3) komunikasi matematika siswa  dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan (4) komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran berdasarkan masalah untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berdasarkan masalah lebih cocok dalam membelajarkan konsep peluang dan sejenisnya pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi.

 

Kata Kunci: Pembelajaran berdasarkan masalah; Model Pembelajaran Langsung; Kemampuan Komunikasi Matematika; Motivasi Belajar

 

ABSTRACT. This study aims to obtain empirical data about the difference of mathematical communication with the model of Learning based on problems and direct learning in terms of student learning motivation. The research of quasi experiment with design treatment with level 2 x 2 was conducted on the students of class XI SMA Negeri 8 Kota Tidore during the even semester of academic year 2014-2015. Research data obtained through the test of mathematical communication and questionnaire Motivation Learning. Analysis of mathematical communication data is based on the grouping of motivation questionnaire scores that are divided into high learning motivation and low learning motivation. The research data were analyzed by 2-way ANAVA and Tuckey Test. The results of the findings were obtained: (1) the mathematics communication of students who followed the learning lessons based on the higher problems compared with the direct learning, (2) There is an interaction effect between learning model of learning and student's motivation to the communication of mathematics, (3) students' mathematical communication is taught by model of learning based on higher problem compared with direct learning for a group of students who have high learning motivation and (4) students’ mathematical communication which is taught by model of direct learning is higher than with problem based learning for student group have low learning motivation. These findings indicate that the problem-based learning model is more suitable in learning the concept of opportunities and the like in groups of students who have high learning motivation.

 

Keywords: Problem-based learning; Direct Learning Model; Mathematical Communication Skills; Motivation to learn

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v8i1.489

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.