Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk JURNAL PengaMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

  1. KETENTUAN UMUM
  • Artikel merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  • Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal apapun berupa atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan
  • Artikel diketik 1.5 spasi dengan menggunakan kertas kuarto (A4) dan jenis huruf Times New Roman ukuran 12
  • Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan menggunakan ragam bahasa ilmiah
  • Artikel terdiri atas 8 - 12 halaman, termasuk daftar pustaka dan lampiran
  • Artikel dilampiri dengan pernyataan dari penulis bahwa artikel yang ditulis adalah benar-benar asli hasil karya sendiri dan tidak mengandung unsur-unsur plagiarisme
  • Artikel dikirim dalam bentuk sofcopy dengan menggunakan Microsoftword ke email pengamas@unkhair.ac.id 
  • Setiap pengirim artikel (tidak melihat jumlah penulis) berhak mendapat 2 eksemplar jurnal.
2. CAKUPAN

Artikel berupa hasil pengabdian kepada masyarakat yang mempunyai relevansi dengan bidang pembangunan manusia dan daya saing bangsa, pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, pengembangan ekonomi, kewirausahaan, koperasi, industri kreatif dan UMKM, pengembangan teknologi berwawasan lingkungan, kedokteran, kesehatan masyarakat, gizi, penyakit tropis, dan obat-obatan herbal, teknologi industri, keteknikan, teknologi pangan,  pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, konservasi, lingkungan, sosial-ekonomi, dan kewirausahaan. seni, sastra dan budaya, serta integrasi nasional dan pendidikan masyarakat.

3. SISTEMATIKA PENULISAN

  • Judul terdiri atas 15—20 kata
  • Nama penulis (tanpa gelar akademis) disertai dengan alamat email dan nama institusi
  • Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.  Abstrak terdiri atas 150—200 kata dan di dalamnya diuraikan tentang masalah, metode, dan simpulan.
  • Kata kunci (keywords) ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris (masing-masing 5 - 7 kata)
  • PENDAHULUAN Berisi latar belakang kegiatan yang dilakukan dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Pada pendahuluan ini juga disertakan tujuan kegiatan yang dituliskan pada akhir Bab
  • METODE Berisi lokasi dan partisipan kegiatan, bahan dan alat, metode pelaksanaan kegiatan, metode pengumpulan data, pengolahan dan analisis data.
  • PEMBAHASAN Disajikan dalam bentuk teks, Tabel maupun Gambar. Hasil dan pembahasan berisi pelaksanaan kegiatan,  kendala yang dihadapi, dampak dan upaya keberlanjutan kegiatan.
  • SIMPULAN Memuat makna hasil kegiatan dan jawaban atas tujuan kegiatan serta saran atau rekomendasi kebijakan untuk keberlanjutan program.
  • UCAPAN TERIMA KASIH (Bila diperlukan) Dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana kegiatan yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi. 
  • DAFTAR PUSTAKA sesuai dengan yang diacu dalam tulisan dan diutamakan menggunakan pustaka primer. Cara penulisannya seperti contoh berikut ini:

Penulisan acuan dari jurnal:  Saerang, JLP.,  W Manalu.,  IRH Soesanto and A Mardiastuti. 2010. Physical and Chemical Characteristics of Maleo Egg in Bogani Nani Wartabone Park.. J. Animal Production 12 (1):34-38 

Penulisan acuan dari buku:  Gray JS, Elliott M. 2009. Ecology of Marine Sediment. Oxford University Press, Oxford (GB).  

Penulisan acuan dari prosiding:  McKenzie LJ,  Yoshida RL. 2009. Seagrass-watch. In: Proceedings of a Workshop for Monitoring Seagrass Habitats in Indonesia. The Nature Concervancy, Coral Triangle Center, Sanur, Bali, 9th May 2009 Penulisan acuan dari tesis/disertasi: Maihasni. 2010. Eksistensi tradisi bajapuik dalam perkawinan masyarakat Pariaman Minangkabau Sumatera Barat. [Disertasi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor. 

Penulisan acuan dari internet: Savage E, Ramsay M, White J, Bread S, Lawson H, Hunjan R, Brown D. 2005. Mumps outbreaks across England and Wales in 2004: observational study. BMJ [Internet]. [diunduh 2010 Des

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.