PELATIHAN MENDESAIN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI MATEMATIKA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA GURU DI MUSYAWAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) MATEMATIKA SMP KABUPATEN CIREBON

Neneng Aminah, Ika Wahyuni, Tri Pujiatna

Abstract


Kompetensi inti yang wajib dimiliki seorang guru berdasarkan UU Guru dan Dosen No.14 Tahun 2015 salah satunya adalah mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, namun maih banyak para guru yang belum membuat bahan ajar sesuai kebutuhan siswanya, Tujuan kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan mendesain bahan ajar berbasis literasi matematis untuk meningkatkan Pedagogic Content Knowledge (PCK) guru SMP di Kabupaten Cirebon. Metode pendekatan yang digunakan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra adalah dengan cara mengadakan pelatihan, dan pendampingan, terkait mendesain bahan ajar berbasis literasi matematis.

Target khusus dari kegiatan PKM ini adalah meningkatnya Pedagogic Content Knowledge (PCK) guru matematika SMP Kabupaten Cirebon dalam mendesain bahan ajar berbasis literasi matematis. Hasil kegiatan yang telah dilaksanakan  semua guru mampu mendesain bahan ajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa, kegiatan menghasilkan draf bahan ajar matematika kelas tujuh semester satu.

References


Aminah, N. 2015.Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis pada Perkuliahan Kapita Selekta Matematika.AlphaMath.Journal Mathematics Education. 2015. Vol 1, No. 1, Page 87, Purwokerto November 2015. Hal.12-20.

Aminah, N. and Wahyuni, I. 2018. Design of Capability Measurement Instruments Pedagogic Content Knowledge (PCK) for Prospective Mathematics Teachers. J.Phys.:Conf.Ser.1013 012112. online : http://iopscience.iop.org/issue/1742-6596/1013/1

Ball, D.L., Thames, M.H., dan Phelps, G. (2008) Content Knowledge for Teaching: What Makes It Special?

Kemdikbud, 2018. Data Referensi Kemdikbud. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_smp.

Kwong Wai Cheing, et.al. 2007. Development of Mathematics Pedagogical Content Knowledge in Student Teacher. The Mathematics Educator Vol 10 No. 2. 27-54

Purwaningsih, Rustama, dan Redjeki.2010. Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) dan Urgensinya dalam Pendidikan Guru.Jurnal Pengajaran MIPA. Vol 15.No. 2.Hal. 87-94

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v2i2.1443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License