PENYULUHAN BAHAYA MEROKOK PADA REMAJA DI SMP BP ALKHAIRAT KALUMPANG

Soesanti Soesanti, Andi Sitti Nur Afiah, Abdul Hakim Husen

Abstract


Merokok merupakan salah satu permasalahan kesehatan masyarakat di Indonesia dengan mengingat bahwa merokok merupakan salah satu faktor risiko utama dari beberapa penyakit kronis yang dapat mengakibatkan kematian. Globocan 2018 menyatakan, dari total kematian akibat kanker di Indonesia, Kanker paru menempati urutan pertama penyebab kematian yaitu sebesar 12,6%. Berdasarkan data Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan 87% kasus kanker paru berhubungan dengan merokok. Hal ini menunjukkan bahwa rokok adalah masalah besar bagi kesehatan masyarakat. Dampak rokok terhadap kesehatan tubuh tidak hanya dirasakan oleh para perokok aktif, tetapi juga dirasakan oleh perokok pasif, yaitu mereka yang tidak merokok tetapi ikut menghisap asap rokok. Mengingat banyaknya bahaya akibat rokok terhadap kesehatan dan kecenderungan bertambahnya presentasi remaja yang merokok, akibat sifat remaja yang masih cenderung labil dan kurangnya pengetahuan remaja yang belum mengetahui bahaya rokok, oleh karena itu perlu diadakan Pengabdian pada Masyarakat berupa penyuluhan tentang bahaya merokok kepada kalangan remaja yang dianggap gampang meniru perilaku tertentu merupakan suatu hal yang penting untuk dipikirkan dan dilakukan guna memberikan pengetah

References


Aditama, T.Y., Prasetyo, S. & Eryando, T. (1998). Meta analysis on smoking patternin 14 provinces in Indonesia. Laporan Penelitian. Jakarta: Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok.

Astuti, K. (2007). Mencari predictor perilaku merokok pada remaja. Jurnal Riset Daerah.VI.3.792-802.

Kemenkes. (2019). Jangan Biarkan Rokok Merenggut Napas Kita di https:// www.depkes.go.id (diakses 14 juli 2019).

Prabandari, Y. S., (1994). Pendidikan kesehatan melalui seminar dan diskusi sebagai alternative penanggulangan perilaku merokok pada remaja pelajar SLTA di Kodya Yogyakarta, Thesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%2520Riskesdas%25202018.pdf-(Diakses 12 Juli 2019).

Rusmilawaty. (2016). Pengaruh Penyuluhan Metode Ceramah Tentang Bahaya Rokok Terhadap Perubahan Sikap Perokok Aktif. Jurnal Vokasi Kesehatan. Vol. II. No.2 hlm. 113 – 118. Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.

Rogayah, Rita. (2012). Asap Rokok sebagai Bahan Pencemar dalam Ruangan. CDK-189/ vol. 39 no. 1. Jakarta: Fakultas Kedokteran UI

Septiardi, Verdian. (2016). Perilaku merokok siswa SMP di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Siswa SMP di Kota Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa FISIP. Vol. 3 No. 1. Riau: Fakultas Ilmu Pemerintahan Universitas Riau.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i3.2214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License