Pemanfaatan Arduino untuk Penentuan Kapasitansi Kapasitor pada Perbaikan Faktor Daya

Ratnasari Nur Rohmah

Abstract


Makalah ini memaparkan hasil penelitian penggunaan Arduino untuk penentuan kapasitansi kapasitor dalam perbaikan faktor daya.  Faktor daya merupakan salah satu nilai yang penting dalam perhitungan listrik bolak-balik. Nilai ini akan berubah sesuai dengan beban yang ada pada listrik tersebut. Nilai ini juga menunjukkan seberapa efisien daya listrik itu dipakai. Dalam kondisi idealnya, faktor daya listrik terbaik adalah bernilai 1. Semakin lebih kecil dari nilai tersebut, semakin tidak efisien penggunaan daya listriknya. Kecilnya nilai faktor daya ini disebabkan adanya penggunaan beban induktif. Penelitian ini akan merancang suatu alat untuk memperbaiki faktor daya dengan menambahkan beban kapastif dari beban induktif yang ada dengan menambahkan suat kapasitor dengan nilai kapasitansi yang tepat yang tepat. Alat ini dibangun terdiri dari sensor tegangan, sensor arus, sensor beda fasa, dan Arduino. Hasil pengujian dari alat yang dibangun memperlihatkan kinerja alat yang baik. Dibandingkan dengan alat ukur standar HIOKI Power meter, akurasi sensor pada alat ini mencapai: kesalahan pembacaan sebesar 3,13% untuk sensor tegangan, 4,85 % untuk sensor arus, dan 5,66 % untuk sensor beda fasa. Hasil pengujian atas pemasangan kapasitor dengan kapasitansi hasil perhitungan otomatis dengan arduino memperlihatkan perbaikan faktor daya dengan selisih 0,875 % terhadap faktor daya harapan 0,99 yang direncanakan.

Keywords


faktor daya, kapasitor, perbaikan, Arduino

References


Boylestad, R. (2003). Introductory Circuit Analysis, Tenth Edition. New York: Prentice Hall

Darmawan, A., Rahma Wati, F., & Muhaimin, N. (2015). Rancang Bangun Alat Perbaikan Faktor Daya untuk AC (Air Conditioner) secara Otomatis. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Yasin, M. (2015). Perancangan Cos Phi Meter Berbasi Mikrokontroler Atmega16. Bogor: Universitas Pakuan.

Fransiska, R., Septia, E., Vessabhu, W., Frans, W., Abednego, W., & Hendro. (2013). Electrical Power Measurement Using Arduino Uno Microcontroller and labVIEW. IEEE, 226-229.

Biswas, R. S. (2015). Automatic Power Factor Improvement using Microcontroller. IEEE.

Ahmmed, P., Saha, S., & Al Sunny, S. (2013). Modeling and Simulation of a Microcontroller Based Power Factor Converter. IEEE.

Yaseen, A. A. (2012). Fast-Response Power Factor Computation Technique. IEEE, 235-240.




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v4i1.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ratnasari Nur Rohmah





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek