Analisa Kebutuhan Daya Listrik Terpasang Pada Gedung Kantor Bupati Kabupaten Halmahera Barat

Abdu Saifuddin, Idham A Djufri, Muhammad Natsir Rahman

Sari


Penggunaan daya listrik pada gedung Kantor Bupati Kabupaten Halmahera Barat semakin hari semakin bertambah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan Kabupaten Halmahera Barat di masa akan datang, otomatis penambahan daya sangat diperlukan. Untuk memperoleh daya listrik terpasang yang efisien, oleh karena itu perlu dilakukan observasi dan perhitungan daya yang digunakan sesuai dengan ilmu kelistrikan.
Konsumen komersial atau perkantoran rata-rata memiliki standar faktor kebutuhan sebesar  70% - 90% dan faktor beban 25% - 30% untuk mendapatkan penggunaan daya listrik yang efisien. Faktor kebutuhan adalah perbandingan antara kebutuhan maksimum (beban puncak) terhadap total daya tersambung.
Total penggunaan daya maksimum 197,4 kVA dengan standar faktor kebutuhan sebesar 1,88. Total luas ruangan ber-AC 9.361 m2, dengan mengkomsumsi energi listrik selama satu bulan totalnya 36.135 kWh/bulan, jika di bandingkan dengan standar IKE maka nilainya sangat efisien, berbeda dengan perhitungan IKE untuk ruangan tidak ber-AC yang memiliki total luas ruangan 875 m2 dan mengkomsumsi energi selama satu bulan 2,484 kWh/bulan, jika di bandingkan dengan standar IKE untuk ruangan tidak ber-AC maka nilai IKEnya masuk kriteria ruangan yang boros atau sangat boros mengkomsumsi energi listrik.


Kata kunci: Daya listrik terpasang, factor beban, faktor kebutuhan, perbandingan intensitas  komsumsi energi (IKE).

Kata Kunci


daya listrik, faktor kebutuhan, faktor beban, intensitas komsumsi energi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baso Mukhlis, 2011. Evaluasi penggunaan listrik pada bangunan gedung di lingkungan universitas tadulako. Jurusan Teknik Elektro UNTAD Palu, Indonesia, FORISTEK : Forum Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, pp.33–42.

Riki Zulfikar, 2013. EVALUASI KEBUTUHAN DAYA LISTRIK DAN KEMUNGKINAN UNTUK PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK DI HOTEL SANTIKA BOGOR. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro.

Haryono, Tiyono. Manajemen Energi Listrik AC, Diktat mata kuliah Manajemen Energi (ME) Elektrik di MSEE UGM Teknik Elektro FT UGM. Yogyakarta

Maulana, Agus. 2009. “Penghematan Energi Listrik pada Air Conditioning (AC)” disampaikan pada acara Bimbingan Teknis Hemat Energi yang diselenggarakan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009.

Zuhal, 1986. Dasar teknik tenaga listrik. Penerbit : ITB.

Zuhal, 1990. Dasar teknik tenaga listrik dan elektronika daya. Gramedia.

SPLN. Jenis Golongan Tarif Dasar Listrik PT. PLN (Persero)




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v5i1.270

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia. 
Email : protek@unkhair.ac.id

Copyright @2016 PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro p-ISSN 2354-8924 | e-ISSN 2527-9572

Creative Commons License

 View PROtek Stats