Analisa Pengaruh Variasi Kecepatan Pada Mobile Station Sistem Komunikasi Mobile to Mobile Rician Fading

Zulaeha Mabud

Abstract


Dalam suatu sistem komunikasi tidak menutup kemungkinan transmiter dan receiver bergerak pada lingkungan multipath fading dengan kondisi diantara transmitter dan receiver tersebut terdapat komponen LOS. Pada makalah ini akan dibahas mengenai sistem komunikasi kooperatif dengan kanal mobile-to-mobile Rician fading. Pada model sistem tersebut terdapat komponen Line-of-Sight (LOS) yang digabungkan dengan pergerakan relatif antara transmitter dan receiver ke dalam model scattering “correlated double-ringâ€. Untuk mengetahui unjuk kerjanya, maka sistem komunikasi dengan model mobile-to-mobile Rician fading dengan variasi kecepatan, disimpulkan dengan kecepatan 40 km/jam, nilai BER 10-4 sudah bisa dicapai ketika Eb/No bernilai 16 dB sedangkan pada kecepatan 90 km/jam nilai BER 10-4 baru bisa dicapai pada saat Eb/No bernilai 16.5 dB dan pada kecepatan 140 km/jam nilai BER 10-4 dicapai pada saat Eb/No bernilai 17.5 dB. Dari analisa pada hasil simulasi diketahui bahwa sistem dapat bekerja lebih baik dengan kondisi kecepatan yang rendah yaitu 40 km/jam bila dibandingkan dengan kecepatan 90 km/jam atau 140 km/jam. Kata kunci : Sistem komunikasi koperatif, Mobile-to-mobile, line-of-sight (LOS), Rician fading.

References


A. S. Akki and F. Haber, “A statistical model for mobile-tomobile land communication channel,†IEEE Transactions on Vehicular Technology, vol. VT-35, Feb 1986.

R. Wnag and D. Cox, “Channel modeling for ad hoc mobile wireless networks,†IEEE Vehicular Technology Conference, vol. 1, pp. 21–25, May 2002.

C. S. Patel, G. L. St¨uber, and T. G. Pratt, “Simulation of rayleigh faded mobile-to-mobile communication channels,â€IEEE Vehicular Technology Conference, vol. 1, pp. 163–167,October 2003.

W, Li-Chun., C, Yun-Huai, “A Statistical Mobile-to-mobile Rician fading Channel Modelâ€, IEEE, 2005.

T.S. Rappaport, “Wireless Communications Principles and Practiceâ€, Prentice Hall, New Jersey, 1996




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v3i1.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Zulaeha Mabud





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek