PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG 5 LANTAI DI KELURAHAN NGADE TERNATE

zulham S Lambado, Imran Imran

Sari


Suatu bangunan gedung yang berlantai banyak perlu direncanakan dengan tepat dan teliti agar memenuhi kriteria kekuatan (strength), kenyamanan (serviceability), keselamatan (safety), dan umur rencana bangunan (durability). Gempa bumi sering terjadi di wilayah Indonesia, baik yang bersifat tektonik maupun vulkanik menimbulkan dampak kerusakan yang tidak sedikit khususnya pada sarana dan prasarana maupun infrastruktur secara umum. Bangunan tahan gempa merupakan bangunan yang mampu meredam energi gempa yang terjadi, melalui kombinasi gaya dalam bangunan yang di hasilkan dari komponen struktur dan non struktur bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan suatu struktur bangunan yang tahan terhadap gempa, dengan mengunakan metode analisa statik dan analisa dinamik.Gedung didesain dengan tingkat daktilitas tinggi, agar saat terjadi gempa kuat struktur gedung tidak runtuh. Dengan menentukan kategori seismik berdasarkan kategori resiko gempa, bangunan masuk kategori resiko D. Gedung termasuk kedalam kategori resiko II dengan faktor keutamaan gempa Ie = 1. Struktur didesain dengan sistem rangka pemikul momen dengan nilai koefisien modifikasi respons (R) 8. Rangka pemikul momen sekurang-kurangnya mampu menahan 25% dari gaya lateral total. Periode maksimum untuk syarat batas periode gedung adalah 1,0623 detik. Waktu getar gedung untuk mode satu didapatkan sebesar 1,001 detik dan mode dua sebesar 0,841 detik, sehingga batasan periode terpenuhi. Persentase base shear rangka pemikul momen telah memenuhi syarat minimum yaitu 25% dari gaya lateral total gedung. Simpangan antar lantai baik gempa statik dan dinamik arah x dan y tidak melebihi simpangan yang diizinkan sehingga struktur mampu menahan gaya gempa yang terjadi.


Teks Lengkap:

8-14

Referensi


Badan Standarisasi Nasional 2013, Tata Cara Perencanaan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung, SNI 03-2847-2013.

Badan Standarisasi Nasional 2012. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, SNI 03-1726-2012.

Badan Standarisasi Nasional 2013, Beban Minimum untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain, SNI 03-1727-2013.

Badan Standarisasi Nasional 2017, Baja Tulangan Beton, SNI 03-2052-2017.

Muhammad Miftakhur Riza, Ebook Aplikasi Perencanaan Gedung dengan ETABS.

Mufti Amir Sultan, Struktur Beton 1.Lepkhair




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v1i1.1629

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.