DESAIN SUMUR RESAPAN UNTUK DAERAH PADAT PENDUDUK DI KELURAHAN MALIARO TERNATE TENGAH

Hartini Ridwan, Nani Nagu

Sari


Pengembangan rumah atau penambahan jumlah ruangan terjadi di hampir semua lokasi pemukiman. Penurunan kemampuan tanah untuk meresapkan air sebagai akibat adanya perubahan lingkungan yang merupakan dampak dari proses pembangunan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan tanah dalam meresapkan air hujan ialah melalui pembuatan sumur resapan. Dengan sumur resapan ini air hujan akan ditampung dan diresapkan kedalam tanah sehingga dapat memperbaiki permukaan air tanah serta mengurangi aliran permukaan. Pada studi ini akan membahas masalah dikelurahan Maliaro Ternate Tengah yang memiliki kapasitas jumlah penduduk cukup padat. Kesan padat dapat dilihat dengan banyaknya pertumbuhan penduduk pada tahun 2018 yang mencapai 8.300 jiwa dengan luas wilayah 1.385.213 m2. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai suatu keadaan berdasarkan data yang diperoleh dengan cara menyajikan, mengumpulkan dan menganalisis data tersebut sehingga menjadi informasi baru yang dapat digunakan untuk menganalisa masalah yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa tinggi intensitas curah hujan di lokasi studi berdasarkan curah hujan 2008 s.d 2017 dengan metode Van Breen untuk durasi hujan 1 jam pada PUH 2, 5, 10, dan 25 tahun masing-masing adalah 89,8045 mm/jam, 96,5213 mm/jam, 98,0888 mm/jam, 98,9118 mm/jam. Berdasarkan perhitungan, desain sumur resapan adalah berbentuk lingkaran dengan diameter 1 m dan kedalaman 2,16 m, air hujan yang masuk kedalam saluran drainase yang berasal dari halaman dan jalan adalah 4,1703 m3/detik. Dengan demikian, terjadi pengurangan debit sebesar 18,0215 m3/detik. Jumlah sumur resapan yang dibangun untuk kelurahan Maliaro adalah sebanyak 23 buah.


Teks Lengkap:

15-24

Referensi


Bisri, M. 2009. Imbuhan Air tanah Buatan Untuk Mereduksi Genangan (Studi Kasus Di Kecamatan Batu Kota Batu). Jurnal Rekayasa Sipil.

Bowles. J.E. 1991. Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika tanah). PT. Erlangga. Jakarta

Cahyaningsih, D.I.2014. Desain Sumur Resapan Berdasarkan Kualitas danKuantitas Air Tanah diDaerah Cengkareng. Skripsi S1. Universitas Bina Nusantara.

Damayanti, W.D. 2011. Sumur Resapan Air Hujan Sebagai Salah Satu Pencegahan TerjadinyaLimpasan pada Perumahan Graha Sejahtera 7 Boyolali.

Gemilang, G. 2010. Kajian Sumur Resapan dalam Mereduksi Debit Banjir pada Kawasan Perumahan Anugerah Lestari Kuala Gumit, Langkat.Skripsi S1. Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Indramaya, E.. 2013. Rancangan Sumur Resapan Air Hujan Sebagai Salah Satu UsahaKonservasi Air Tanah Perumahan Dayu Baru Kabupaten Sleman DaerahIstimewa Yogyakarta. Skripsi S1. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kamiana, I.M. 2010. Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kusnaedi. 2003. Sumur Resapan untuk PemukimanPerkotaan Dan Pedesaan. Jakarta, Penebar Swadaya.

Kaosdaryani. 2009. Penggunaan Modifikasi Desain Sumur Resapan Sebagai Pengisian Kembali Air Tanah dan Pengendalian Banjir di kelurahan Sewu Surakarta. Skripsi S1.Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Nugraha, A. 2014. Analisis dan Desain Bangunan Resapan Air Hujan di Sekitar Jalan Meranti-Tanjung Kampus IPB Dermaga, Bogor.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 11/PRT/M/2014 Tentang Pengelolaan Air Hujan Pada Bangunan Gedung Dan Persilnya.

SNI 03-2453-2002. Tata Cara Perencanaan Sumur Resapan Air Hujan untuk Lahan Pekarangan.

Soemarto, C. D. 1999. Hidrologi Teknik. Jakarta Erlangga.

Sosrodarsono. S. 2003. Hidrologi Teknik Pengairan. Depertemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik.

Sunjoto. 1988. Outline Teknik Drainase Pro-Air. Yogyakarta: Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Gadjah Mada

Triatmojo, B. 2008. Hidrolika Terapan. Yogyakarta: Beta Offset




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v1i1.1630

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.