ANALISIS PENJADWALAN WAKTU PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE LINE of BALANCE (LoB) PADA PERUMAHAN SHAFIRA RESIDENCE KELURAHAN NGADE

Erwinsyah Tuhuteru

Sari


Proyek konstruksi merupakan sesuatu rangkaian kegiatan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan tertentu dalam batasan waktu. Perencanaan merupakan salah satu fungsi vital dalam kegiatan manajemen proyek, karena untuk mencapai tujuan, manajemen harus membuat langkah-langkah  proaktif dalam melakukan perencanaan yang komprehensif agar sasaran dan tujuan dapat dicapai, salah satu hasil dari perencanaan adalah penjadwalan proyek. Metode Line of Balance (LoB) merupakan salah satu  metode  penjadwalan  yang dapat diaplikasikan pada proyek yang memiliki karateristik berulang (R epetitive) Keuntungan utama dari metodologi LoB adalah menyediakan tingkat produktifitas dan informasi durasi dalam bentuk format grafik. Berdasarkan uraian diatas maka pada tugas akhir ini akan dilakukan “Analisis Penjadwalan Waktu Proyek Konstruksi Dengan Mengunakan Diagram Metode Line of Balance (LoB)â€, Studi Kasus: Pembangunan Perumahan Shafira Residence, Kel. Ngade, Kec.Ternate Selatanâ€. Dengan mengunakan penjadwalan metode LoB ini diharapkan dapat mempermudah pengerjaan proyek tipikal yang mempunyai kegiatan yang berulang (Repetitive) dan dengan jangka waktu yang relatif panjang menjadi lebih efektif dalam tahapan pembangunannya. Rumusan Masalah bagaimanakah penjadwalan proyek pada konstruksi perumahan menggunakan Metode Line of Balance (LoB) ?,Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun rencana penjadwalan dengan mengunakan Metode Line of Balance (LoB) Pada Perumahan Shafira  Residence, Kelurahan Ngade). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan juga penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan hubungan-hubunganya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis dan teori-teori. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari hasil penelitian Tugas Akhir ini, setelah dilakukan rencana penjadwalan mengunakan metode Line of Balance (LoB), maka diperoleh kesimpulan bahwa dengan mengunakan metode Line Of Balance, didapatkan total waktu untuk menyelesaikan proyek pembangunan pada perumahan Shafira Residence  dengan rencana untuk 10 unit rumah memiliki Durasi (Waktu) adalah  266 hari dan dalam hal pembacaan produktifitas tiap item pekerjaan lebih mudah,  mengetahui item pekerjaan kapan harus di mulai dan selesai.

 Kata kunci— Penjadwalan, Durasi, Line of Balance (LoB)


Teks Lengkap:

80-88

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arif arianto, 2010. Eksplorasi Metode Barchart, Cpm, Pdm, Pert, Line of Balance dan Time Chainage Diagaram Dalam Penjadwalan Proyek Konstruksi, Tesis. Univesitas Diponegoro. Semarang.

Deko sanjaya, 2013. Studi Perbandingan Penjadwalan Proyek Metode Line of Balance (LoB) dan Presedence Diagram Method (PDM) pada pekerjaan berulang (Repetitif)(Studi Kasus: Proyek Perumahan Masya Tamansari Residence), Universitas Sumatra Utara, Medan.

Ervianto, Wulfram, I. 2005, Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi), Edisi III, Andi, Yogyakarta.

Gustina Arifin Prawira, 2013. Pengendalian Proyek Dengan Metode Keseimbangan Garis (Line of Balance)(Studi Kasus: Pada Proyek Masya Tamansari Residence). Universitas Sumatra Utara. Medan.

Halimi, J. 2018. Analisis Penjadwalan Ulang Dengan Mengunakan Metode LSM (linier Sheduling Method/Line Of Balance)(Resculding Analisis With LSM/LoB Method) (Studi Kasus: Perumahan Green Valley Rangkas Bitung). Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Husen Abrar., MT 2009, 2011. Manajemen Proyek Perencanaan, Penjadwalan & Pengendalian Proyek, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Nugrahaeni, Fitri. 2004. Analisis Penjadwalan Ulang Proyek Dengan Memanfaatkan Line of Balance Diagram. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Opin Zahendra Dahlan, 2018. Analisis Perbandingan Biaya Dan Waktu Antara Penjadwalan Dengan Barchart Dan Linear Scheduling Method (Comparative Analysis Of Costs And Time On Scheduling Using Barchart And Linear Method)(Studi Kasus: Proyek Pembangunan Jalan Coastal Road Tahap II Multiyears), Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Prasetyo, 2017, Analisis Penjadwalan Ulang Waktu Pelaksanaan Proyek Jalan dengan (Line of Balance)(studi kasus: Proyek Rehabilitasi/Peningkatan Jalan Lingkungan RW I-RW IV Kelurahan Kedungsari. Kota magelang.

Setianto, A. 2004, Studi Perbandingan Metode Bar Chart dengan Line of Balance (LoB) dalam Penjadwalan Kegiatan Pembangunan Perumahan, Tesis, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v1i2.4642

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.