EVALUASI PENGENDALIAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN MASJID RAYA SOFIFI

Sufiati Abdullah, Sabaruddin Sabaruddin, Raudha Hakim

Sari


Dalam Pelaksanaan Pembangunan Masjid Raya Sofifi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pengendalian waktu harus diperhatikan karena keterlambatan penyelesaian proyek akibat tidak tepatnya waktu yang direncanakan akan sangat berpengaruh terhadap aspek lainnya yaitu biaya dan mutu. Bila suatu proyek mengalami keterlambatan penyelesaian waktu tentu akan sangat berpengaruh pada bertambahnya biaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi pustaka. Kuesioner dibuat dengan menggunakan pertanyaan terbuka, yaitu terdiri dari pertanyaan-pertanyaan untuk menjelaskan identitas responden, dan pertanyaan tertutup, yaitu pertanyaan yang meminta responden untuk memilih salah satu jawaban yang tersedia dari setiap pertanyaan. berdasarkan hasil analisis dari data di atas dengan menggunakan analisa purposive sampling di dapatkan Pada fungsi manajemen pelaksanaan indicator waktu, Sering terjadinya keterlambatan pekerjaan, yang memiliki nilai rata – rata (mean) 2,67 dan termasuk antara 2,5 < X < 3,5 yang berarti faktor tersebut berpengaruh. Pada fungsi manajemen pelaksanaan indicator waktu, Sering terjadinya keterlambatan pekerjaan, yang memiliki nilai rata – rata (mean) 2,67 dan termasuk antara 2,5 < X < 3,5 yang berarti faktor tersebut berpengaruh.  Sedangkan yang menempati rangking terbawah waktu, Kinerja kontraktor kurang optimal, memiliki nilai rata – rata (mean) 2,36 dan termasuk antara 1,75 < X < 2,50, yang berarti factor tersebut kurang berpengaruh.


Kata Kunci


Masjid Raya Sofifi, Kuisioner, Manajemen, Waktu pelaksanaan

Teks Lengkap:

24-28

Referensi


Ervianto.Wulfram I. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta : Andi

Ervianto.Wulfram I. 2004. Teori-Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yog yakarta : Andi

Harsanto, Budi, 2013, Dasar Ilmu Manajemen Operasi, UNPAD PRESS : Bandung

Husen, Abrar, 2008, Manajemen Proyek. Yogyakarta: Andi

Husen, Abrar, 2010. Manajemen Proyek. Penerbit Andi. Yogyakarta Djarwanto. 1984. Populasi dan sampel Penelitian, Jakarta : rlangga.

Kezner. 2006. Panduan Manajemen Proyek Konstruksi. Yudhistira:Jakarta.

Latif, Abdurahman, 1998.Ilmu Manajemen Konstruksi Untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Universitas Tarumanegara:Surabaya.

Marzuki. 1995. Sasaran atau tujuan dari Penelitian. Jakarta.

Michael. 1999. “ Chapter 6 : Planning and Managing Human Performace Tecnology.

Nazir, M.1985. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Projects †Handbook of Human Performance Technology, San Francico, Jossey-Bass.

Soeharto, Iman. Manajemen proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Edisi 2, Jakarta : Erlangga, 1999

Wibowo.2009. Manajemen Kinerja. Penerbit Raja Grafindo. Jakarta.

Wibowo, Moh. Agung, 2015.Materi Kuliah Manajemen Konstruksi “Construction Managementâ€.Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Zidni, Adi Irfan. 2008. Identifikasi Keterlibatan Asosiasi Jasa Pelaksana Konstruksi Dalam Proses Lelang Jasa Konstruksi. Jakarta : Universitas Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v4i1.6144

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.