IDENTIFIKASI DAN ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN BERBASIS SPASIAL RUAS JALAN TOBELO – PODIWANG

Rizal Hafel, Nuramaiyasa Marsaoly, Ichsan Rauf

Sari


Kekasaran permukaan jalan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan, khususnya bagi kendaraan bermotor. Identifikasi dan interpretasi kondisi jalan secara kontinyu dilakukan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan dalam merencanakan upaya pemeliharaan jalan. Metode PCI (Pavement Condition Index) dan IRI (International Roughness Index) akan memberikan informasi kondisi jalan dan jenis penanganan serta memprediksi kondisi jalan setelah dilakukan penanganan, selain itu akan memberikan informasi terkait dengan kesesuaian dan ketidak sesuaikan kondisi jalan berdasarkan metode penilaiannya. Ruas jalan nasional Tobelo – Podiwang memiliki panjang ± 48.500 km dan lebar ± 6 m, menjadi lokasi dalam penelitian ini. Pengukuran kekasaran dilakukan dengan menggunakan sensor kekasaran jalan yang dipasang pada kendaraan. Berdasarkan hasil analisis dengan metode PCI (Pavement Condition Index) dan IRI (International Roughness Index) menunjukkan bahwa ruas jalan Tobelo – Podiwang dapat dikategorikan baik Good, yang dilihat berdasarkan nilai rata-rata PCI (Pavement Condition Index) sebesar 94,85% sementara pada survei kondisi jalan berdasarkan data IRI (International Roughness Index) hal ini ditunjukkan dengan nilai IRI < 8 dengan prosentase sebesar 96,17%, sementara kondisi tidak mantap dengan nilai IRI > 8 memiliki prosentase sebesar 3,83%. Dengan demikian bentuk penanganan yang direkomendasikan berupa preservasi pemeliharaan rutin jalan pada ruas yang dalam kondisi baik dan preservasi rehabilitasi pada ruas dengan kondisi sedang

Kata Kunci


kerusakan perkerasan jalan, PCI dan IRI

Teks Lengkap:

67-75

Referensi


S. Sukirman, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Bandung: Nova, 1999.

O. G. Dela Cruz, C. A. Mendoza and K. D. Lopez, "International Roughness Index as Road Performance Indicator: A Literature Review," in International Conference on Contemporary and Sustainable Infrastructure, 2021.

A. Sidess, A. Ravina and E. Oged, "A model for predicting the deterioration of the International Roughness Index," International Journal of Pavement Engineering, no. doi : 10.1080/10298436.2020.1804062. , 2020.

T. Gillespie, "Everything You Always Wanted to Know about the IRI, But Were Afraid to Ask," Road Profile Users Group Meeting, Lincoln, Nebraska, 1992.

P. R. Pawar, A. T. Mathew and M. R. Saraf, "IRI (International Roughness Index): An Indicator Of Vehicle Response," in ICMMM 2017, 2017.

T. Maria, M. Amelia and S. Vembrie, "Evaluation of Toll Road Pavement Performance Based on the 2013 Bina Marga Method (Case Study: Serpong-Pondok Aren Toll Road)," in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2020.

K. PU, Manual Pelaksanaan Preservasi Jalan Seri 3 tentang Pemprograman Preservasi Jalan, Jakarta: Direjn Bina Marga, Direktorat Preservasi Jalan, 2019.

J. Howe, J. Chrstos, R. Allen, T. Myers, D. Lee, C. Liang, .. Gorsich and A. Reid, "Quarter car model stress analysis for terrain/road profile ratings," International Journal of Vehicle Design, vol. 36, no. 1, pp. 248-269, 2004.

P. Zoccali, G. Loprencipe and A. Galoni, "Sampietrini stone pavements: Distress analysis using pavement condition index method," Applied Sciences , vol. 7, no. 7, 2017.

G. Loprencipe and P. Zoccali, "Ride quality due to road surface irregularities: Comparison of different methods applied on a set of real road profiles," Coatings, vol. 7, no. 5, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v4i2.6934

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.