ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR JEMBATAN BAILEY JALAN PROVINSI RUAS MATUTING – RANGGA-RANGGA

Nasrudin Salama, Nuramaiyasa Marsaoly, Kusnadi Kusnadi

Sari


Jembatan merupakan sarana transportasi yang penting bagi kehidupan karena dapat menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya yang dipisah oleh sungai, jurang, laut atau halangan lainnya. Salah satu jembatan rangka baja adalah jembatan Panel Bailey, dimana jembatan diklasifikasikan sebagai jembatan darurat atau sementara.Studi kasus yang digunakan pada penelitian ini adalah jembatan Bailey yang diproduksi oleh PT. Wiratama Globalindo Jaya. Karena jembatan ini telah banyak digunakan di ruas-ruas jalan Provinsi Maluku Utara, khususnya pada ruas jalan Matuting Rangga-rangga. Penelitian ini analisis kapasitas struktur jembatan dilakukan secara eksperimental yaitu dengan uji beban statik (static loading test) skala 1 : 1. Dari hasil pengolahan data hasil pengujian, diperoleh lendutan maksimum di Tengah bentang akibat beban Truck AASHTO HS20-44 (setara beban truck 32 ton) sebesar 46 mm lebih besar dari lendutan ijin (L/800) yaitu 34 mm. Tegangan yang terjadi pada batang kritis (Strain 2) akibat beban truck AASHTO HS20-44, uji beban statik adalah sebesar 159.69 N/mm2 lebih kecil dari tegangan material yang dipersyaratkan sebesar 400 N/mm2 (fy-min). Dengan demikian struktur jembatan dengan beban truck HS20-44 atau setara beban truck 32 ton masih aman, dimana angka aman (safety factor) tersedia adalah sebesar 2.5. Sedangkan bila dilitinjau dari persyaratan lendutan, lendutan jembatan Bailey yang terjadi tidak memenuhi, namun demikian, jembatan Bailey pada dasarnya adalah jembatan semi permanen atau jembatan darurat, sehingga persyaratan lendutan dapat diabaikan asalkan secara kekuatan jembatan masih mampu menahan beban,


Kata Kunci


Bailey, Trial Assembly, Static Loading Test, AASHTO HS20-44, Lendutan ijin, Angka aman (Safety Factor)

Teks Lengkap:

24-33

Referensi


Ayunani, Luthfia & Triwiyono, Andreas. 2019. Analisis Kekuatan Struktur Atas Jembatan Bailey Berdasarkan SNI 1725:2016, Aashto Lrfd Bridge Design Specification 6th Edition, Dan SNI 2833:2016. http://etd.repository.ugm.ac.id/. Hal. 1-2

Badan Standarisasi Nasional. 2016. Standar Pembebanan Jembatan. SNI 1725-2016. Jakarta

E. Johnson, W. Devenport, and A. Borgoltz. (2022). “Experiment 2 - STATIC RESPONSE OF A BEAM” https://borgoltz.aoe.vt.edu/aoe3054/manual/expt2/text.html, 18 oktober 2022

Harahap, Sabrina., Tjaronge, Muh. Wihardi., Irmawaty, Rita. 20… Evaluasi Jembatan Bailey Molintogupo Pasca Penggantian Girder Dan Lantai Kendaraan. Hal. 1-6

Hare & Forbes Pty Ltd, ”Machinery House” https://www.machineryhouse.com.au/m055, 18 oktober 2022

Hidayat, Akh. Taufk. 2016. Perencanaan Struktur Atas Jembatan Rangka Baja Type (K-Truss) Dengan Menggunakan Metode LRFD Di Jembatan Kalilanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Skripsi. Institut Teknologi Nasional.

Kurniawan, Feldi. 2021. Analisis Lendutan Rangka Batang Akibat Beban Tetap Dan Sementara Terhadap Jembatan Rangka (Studi Kasus : Jembatan Desa Petapahan Kec. Gunung Toar Kab. Kuantan Singingi). Tugas Akhir. Universitas Islam Riau

Listiowati, Wiwik., Iswandi, Agung., & Kamil, Firmanilah. 2022. Perbandingan Metode Pelaksanaan Standar Konstruksi Jembatan Bailey dengan Metode yang Dilaksanakan di Lokasi Ruas Jalan Pesaguan-Kendawangan. Journal Of Civil Engineering As Applied Science (Rigid). Vol. 1 No. 1 (2022) 6-12

Purnamasari, Alifyanti., Tjaronge, M.W., Irmawaty, Rita. 20…Evaluasi Kondisi Eksisting Struktur Atas Jembatan Bailey Molintogupo, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Hal. 1-7

PT. Wiratama Globalindo Jaya. (2021). Manual Petunjuk Teknis Pemasangan Jembatan Bailey, Paket Peningkatan Jalan dan Jembatan Ruas Matuting - Rangga-Rangga, Halmahera Selatan. Tangerang Selatan

PT. Wiratama Globalindo Jaya. (2021). Report Design Jembatan Bailey, Paket Peningkatan Jalan dan Jembatan Ruas Matuting - Rangga-Rangga, Halmahera Selatan. Tangerang Selatan

PT. Wiratama Globalindo Jaya. (2021). QC Dossier Document Jembatan Bailey, Paket Peningkatan Jalan dan Jembatan Ruas Matuting - Rangga-Rangga, Halmahera Selatan. Tangerang Selatan

Standar Nasional Indonesia. (2005). Jembatan Pembebanan untuk (RSNI T-02-2005). Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.7

Standar Nasional Indonesia. (2005). Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan (RSNI T-03-2005). Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.7

Susanto, Agus., Renaningsih., & Putri, P Diocta Ichi. 2019. Perencanaan Ulang Fondasi Tiang Pancang Pada Abutment Jembatan Kolonel Sunandar Kab. Demak-Kudus Jawa Tengah. Simposium Nasional RAPI XVIIII – 2019. ISSN 1412-9612. Hal. 209-215

REALPARS, ”Linear Variable Differential Transformer” https://realpars.com/lvdt, 18 oktober 2022




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v5i1.8133

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.