ANALISIS PENILIAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN WILAYAH KEPULUAN HALMAHERA TENGAH PROVINSI MALUKU UTARA BERDASARKAN PERMEN PUPR NOMOR 10

Samsul Samsul, Nuramaiyasa Marsaoly, Abdul Gaus

Sari


Pemerintah Indonesia melalui menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat baru-baru ini telah mengeluarkan peraturan Nomor 10 Tahun 2021 tentang pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK). Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh PM PUPR No. 10 Tahun 2021 terhadap peningkatan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) di Wilayah Kepulauan Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara dan menganalisis variabel-variabel mana saja yang dominan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan dan Partisipasi Pekerja dalam Keselamatan Konstruksi berpengaruh positif terhadap Kinerja Keselamatan Konstruksi. Dimana dapat dilihat dari nilai p-value sebesar 0.000 nilainya kurang dari 0.05 sehingga hipotesis penelitian diterima, Perencanaan Keselamatan Konstruksi berpengaruh positif terhadap Kinerja Keselamatan Konstruksi. diperoleh p-value sebesar 0.004 nilainya kurang dari 0.05 sehingga hipotesis penelitian diterima. Dukungan Keselamatan Konstruksi berpengaruh positif terhadap Kinerja Keselmatan Konstruksi. diperoleh p-value sebesar 0.048 nilainya kurang dari 0.05 sehingga hipotesis penelitian diterima dan Operasi Keselamatan Konstruksi berpengaruh positif terhadap Kinerja Keselmatan Konstruksi. diperoleh p-value sebesar 0.003 nilainya kurang dari 0.05 sehingga hipotesis penelitian diterima

Kata Kunci


K3, SMKK, PM PUPR No.10 Tahun 2021

Teks Lengkap:

85 - 97

Referensi


AASHTO. 1993. Guide For Design of Pavement Structures. Washington DC.

Afrizal, E. 2014. Analisa Pengaruh Muatan Berlebih Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan. Artikel. Universitas Bung Hatta. Padang.

Austroads. 1992. A Guide to The Visual Assesment of Pavement Condition. Austrarlia.

Departemen Perhubungan. 2008. Panduan Batasan Maksimum Perhitungan JBI (Jumlah Berat yang diizinkan) dan JBKI (Jumlah Berat Kombinasi yang diizinkan) Untuk Mobil Barang, Kendaraan Khusus, Kereta Penarik berikut Kereta Tempelan/Gandengan. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 2007. Spesifikasi Umum Jalan dan Jembatan.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2004. Survai Pencacahan Lalu Lintas dengan Cara Manual.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2002. Pedoman Perencanaan Perkerasan Lentur.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2003. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen.

Direktorat Bina Marga. 1987. Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan raya dengan Metode Analisa Komponen.

FHWA. 2006. Geotechnical Aspect of Pavement. Washington DC.

Firdaus. 1999. Analisis Dampak Negatif Beban Berlebih (Overload) terhadap Perkerasan Jalan. Prosiding Konferensi Regional Teknik Jalan Ke-6 Wilayah Barat. Pekanbaru.

Fitriana, R. 2014. Studi Komparasi Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Tol Menggunakan Metode Bina Marga 2002 dan AASHTO 1993 (Studi Kasus Jalan Tol Solo-Kertosono). Jurnal Teknik Sipil. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Fwa dan Wei. 2006. Design of Rigid Pavement, Hand Book of Highway Engineering, 2nd Ed. London.

Hardiyatmo, H.C. 2011. Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. UGM Press. Yogyakarta.

Koestalam, P. dan Sutoyo. 2010. Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Jenis Lentur dan Jenis Kaku (sesuai AASHTO, 1986 & 1993). Penerbit PT. Mediatama Saptakarya. Jakarta.

Lutfah, I.U. 2015. Analisis Dampak Beban Overloading Kendaraan Berat Angkutan Barang terhadap Penurunan Umur Rencana dan Kerugian Biaya Penanganan Jalan (Studi Kasus : Ruas Jalan Lamongan-Gresik). Tugas Akhir. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Lutfah, I.U. dan Mulyono, A.T. 2015. Analisis Dampak Beban Overloading Kendaraan Berat Angkutan Barang Terhadap Umur Rencana dan Biaya Kerugian Penanganan Jalan. Proceeding of The 18th FSTPT International Symposium. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Mulyono, A.T. 2011. Kepatuhan Penerapan Standar Mutu Untuk Mewujudkan Minded Penyelenggara Jalan Daerah. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

NAASRA. 2004. A Guide to The Visual Assesment of Pavement Condition. Austrarlia.

Nasir. 1988. Metode Penelitian.Ghalia Indonesia. Jakarta.

Parikesit, D., Mulyono, A.T., Antameng, M., dan Rahim, M. 2010. Analysis of Loss Cost of Road Pavement Distress due to Overloading Freight Transportation. Juornal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol 8.

Sentosa, L. dan Meutia. 2012. Evaluasi Struktur Jalan Menggunakan Data Berat Beban Kendaraan Dari Jembatan Timbang (Studi Kasus pada Ruas Jalan Siberida-Batas Jambi km 255+150 s/d km 256+150). Jurnal Teknik Sipil. Universitas Riau. Pekanbaru.

Sentosa, L. dan Roza, A.A. 2012. Analisis Dampak Beban Overloading Kendaraan pada Struktur Rigid Pavement Terhadap Umur Rencana Perkerasan (Studi Kasus Ruas Jalan Simp Lago - Sorek Km 77 S/D 78). Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Teknik Rekayasa Teknik Sipil. Universitas Riau. Pekanbaru.

Situmorang, R.A., Wartadinata, P.W., Setiadji, B.H., dan Supriyono. 2012. Analisis Kinerja Jalan dan Perkerasaan Lentur Akibat Pengaruh Muatan Lebih (Overloading). Jurnal Teknik Sipil. Universitas Diponegoro. Semarang.

Suryawan, A. 2009. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Beta Offset. Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta. Bandung.

Sukirman, S. 2003. BAB IIPerkerasan Jalan Raya, Penerbit NOVA, Bandung.

Sukirman, S. 1999. Perkerasan Jalan Raya, Penerbit NOVA, Bandung.

Wartadinata P.W., dan Situmorang R.A. 2012. Analisis Kinerja Jalan dan Perkerasan Lentur Akibat Pengaruh Muatan Berlebih (Overloading). Jurnal Teknik Sipil. Universitas Diponegoro. Semarang.

Zahra. 2011. Perkerasan Jalan. Artikel. Universitas Gunadarma. Depok




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v4i2.7070

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.