Pengaruh Panjang Tabung Aluminum dengan Deformasi Maksimum, Gaya Reaksi Maksimum dan Energi Plastis pada Pembebanan Impact Kecepatan Tinggi

Witono Hardi

Sari


Penggunaan tabung tipis sebagai piranti penyerap energi impak telah dikenal sangat luas dalam berbagai aplikasi. Banyak peneliti yang mengungkap berbagai keuntungan dari bentuk tabung tipis ini. Pada penelitian ini akan dibahas masalah pengaruh panjang tabung dalam hubungannya dengan deformasi maksimum, gaya reaksi maksimum dan energi plastis yang diserap saat mengalami  gaya impak dalam kecepatan tinggi.

Sebuah tabung dengan diameter 50 mm tebal 1 mm dan panjang bervariasi ditumbuk dengan sebuah baja berbentuk balok berat 0.38 kg dengan kecepatan 75 m/s. Pemodelan dilakukan dengan ANSYS WORKBENCH Explicit Dynamic. Dilakukan pencatatan data hasil simulasi yaitu deformasi maksimum setelah impak, gaya reaksi maksimum dan penyerapan energi plastis yang terjadi.

Hasil penelitian menunjukkan semakin panjang specimen maka deformasi yang terjadi semakin kecil. Gaya reaksi juga semakin kecil. Energi akibat deformasi plastis tidak mengalami perubahan yang signifikan.


Teks Lengkap:

pdf


DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v5i1.2939

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.