Pengaruh Cross Section pada Tabung Aluminum Alloy Dalam Penyerapan Energi Impact Kecepatan Tinggi

Witono Hardi

Sari


Tabung tipis telah dikenal luas sebagai penyerap energi impak. Banyak peneliti sebelumnya merekomendasikan tabung tipis sebagai bentuk yang mampu menyerap energi secara optimum saat terjadi benturan.

Kondisi  profil cross section sangat mempengaruhi kemampuan penyerapan energi. Bahkan pada bentuk cross section yang sama, namun berbeda parameter, akan memberikan dampak yang berbeda.

Pada penelitian ini dilakukan studi simulasi pada profile cross section berbentuk liingkaran saat mendapat beban berkecepatan tinggi. Specimen dibuat dari bahan Aluminum Alloy berbentuk tabung yang berbeda diameter dengan ketebalan yang sama. Setelah diberikan tumpuan jepit pada satu ujung, maka sebuah penumbuk baja menabrak ujung specimen yang lain dengan kecepatan tinggi dengan arah aksial.

Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa perbedaan cross section mempengaruhi kemampuan penyerapan energi. Gaya reaksi tumpuan terhadap sistem juga berbeda. Nilai dari energi terserap per massa yang rusak juga berbeda. Nilai yang didapat dari penelitian ini bisa sebagai rekomendasi atas berapa ukuran yang sesuai pada tabung aluminum tipis saat mendapat energi impak.

 

Kata kunci : Tabung tipis, cross section, tumbukan kecepatan tinggi, energi diserap, gaya reaksi


Teks Lengkap:

pdf


DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v5i2.2965

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.