UJI TANJAK MOBIL LISTRIK BLACK BULL POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA

khumaidi usman, Ziyadil Achyar Haqiqi

Sari


Perkembangan sarana transportasi selalu mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan jaman, salah satunya merupakan kendaraan menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga penggerak utama. Mobil listrik merupakan kendaraan ramah lingkungan dan diharapkan mampu mengurangi penggunakan bahan bakar hasil minyak bumi atau fosil purba secara signifikan. Beberapa kelebihan mobil listrik dengan mobil berbahan bakar cair adalah suara yang halus, tidak berbau, dan bebas dari asap. Ditambahkan mobil listrik dipandang sebagai mobil masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Uji Tanjak Mobil Listrik Black Bull Politeknik Harapan Bersama. Metode yang digunakan adalah variasi sudut kemiringan untuk daya tanjak adalah 10 derajat, 15 derajat dan 20 derajat. Hasil penelitian ini adalah pada sudut kemiringan 10 derajat dan jarak 10 meter dengan rata-rata kapasitas baterai awal 77,4 volt sampai rata-rata kapasitas baterai akhir 77,1 volt dengan kecepatan rata-rata 19 km/jam dalam waktu 1,93 detik. Pengujian dengan sudut kemiringan 15 derajat dengan rata-rata kapasitas baterai awal 78,5 volt sampai rata-rata kapasitas baterai akhir 78,3 volt dengan kecepatan rata-rata 23 km/jam dalam waktu 3,40 detik. Hasil pengujian dengan sudut kemiringan 20 derajat dengan rata-rata kapasitas baterai awal 77,2 volt sampai rata-rata kapasitas baterai akhir 77 volt dengan kecepatan 28 km/jam dalam waktu 2,62 detik

Kata Kunci


Uji Tanjak, Mobil Listrik, Baterai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Budiarto and O. Judianto, “Perancangan Mobil Listrik Ramah Lingkungan Berbasis City Car,” Jurnal Inosains, vol. 14, no. 2, 2019.

B. T. Prakoso, M. K. Usman, and S. A. Romadhon, “ANALISIS UJI TANJAK PADA MOBIL LISTRIK Pendahuluan Gambar 1 . Mobil Lisrik Black Bull,” no. 9.

R. Mulyadi, K. D. Artika, and M. Khalil, “Perancangan Sistem Kelistrikan Perangkat Elektronik Pada Mobil Listrik,” Elemen : Jurnal Teknik Mesin, vol. 6, no. 1, p. 07, 2019, doi: 10.34128/je.v6i1.85.

W. Gunadi, “Analisis konsumsi energi baterai pada mobil listrik 2 kilowatt (kw),” no. 71, pp. 1–6, 2015.

B. S. Putra, A. Rusdinar, and E. Kurniawan, “Desain Dan Implementasi Sistem Monitoring Dan Manajemen Baterai Mobil Listrik,” e-Proceeding of Engineering, Universitas Telkom, vol. 2, no. 2, pp. 1909–1916, 2015.

H. Angga Wahyu Aditya, Ihsan , Restu Mukti Utomo, “Evaluasi Motor Listrik Sebagai Penggerak Mobil Listrik,” JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), vol. 3, no. 2, p. 49, 2020, doi: 10.30595/jrst.v3i2.4142.

B. Setyono and Y. Setiawan, “Rancang Bangun Sistem Transmisi, Kemudi dan Pengereman Mobil Listrik ‘Semut Abang,’” Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III 2015, pp. 89–96, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v8i2.7194

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.