PENGUKURAN TINGKAT STRES MAHASISWA BERDASARKAN GENDER: APLIKASI IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

Irfandi Buamonabot

Abstract


Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini menguji bagaimana pola stres mahasiswa berdasarkan gender pada Fakultas Ekonomi Universitas Khairun? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola stres berdasarkan gender pada Fakultas Ekonomi Universitas Khairun. Responden yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang khususnya program studi manajemen. Sebanyak 80 responden dikumpulkan dari survei. Analisis data dilakukan dengan Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan item yang berhubungan dengan ujian, pertemuan kelas untuk membahas tugas maupun proses belajar mengajar bervariasi.


Keywords


Stres, Mahasiswa, Program Studi Manajemen, Studi Deskriptif, IPA

Full Text:

PDF

References


Abhay, M., Krishnakumar, M. K., Paul, N., & Shashidhar, G. 2011. Differences in perceived stress and its among students in professional cources. Journal of clinical and diagnostic research. 5(6):1228 -1233.

Al-Dubai, S. A., Al-Naggal, R. A., & Rampal, K. G. 2011. Stress and coping strategis of students in a medical faculty in Malaysia. Malaysia J Med Sci. 18(3):57-64.

Bataineh, M. Z. 2013. Academic Stress Among Undergraduate Students: The Case of Education Faculty at King Saud University. International Interdisciplinary Journal of Education. Volume 2, Issue 1, pp. 82-88

Chandratika, D., & Purnawati, D. 2013. Gangguan Cemas pada Mahasiswa Semester I dan VII Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Skripsi Tidak Dipublikasi

Crowford, J. C., & Henry, J. D. 2003. The Depression Anxiety Stress Scale (DASS): Normative data and latent structure in a-large non-clinical sample. British Journal of Clinical Psycology, 42. 111-131.

Daft, R. L. 2010. Era Baru Manajemen, Edisi 9, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta.

Devi, R. S. 2015. A Study On Stress And Its Effects On College Students. International Journal of Scientific Engineering and Applied Science. Volume 1, Issue 7, pp. 449-456.

Gunawati, R., Hartati, S., dan Listiara, A. (2005). Hubungan antara Efektivitas Komunikasi Mahasiswa-Dosen Pembimbing Utama Skripsi dengan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 3 No2, 93-115.

Govaerst, S., & Gregoire, J. 2004. Stressfull Academic Situations: Study on Appraisil Variables ini Adolescence. British Journal of Clinical Psycology, 54. 261-271.

Hair, J. F. Jr., William, C. B., Banin, B. J., & Anderson, R. E. 2010. Multivariate Data Analysis. 7th edition. Upper Saddle River- Prentice Hall. New Jersey.

Hocine, M. Ait-Bouziad, K., & Saporta, G. 2015. A methodological tool for work-related stress management: Importance-Performance Analysis used complementary to PLS path modeling. Conférence Internationale avec comité de lecture.pp. xx, Le Pirée, Grèce.

Ivanchevich, J. M., Konopaske, R., & Matteson, M. T. 2008. Organizational Behavior and Management. 8th edition. McGraw-hill. New York.

Kumar, S., and Bhukar, J. P. 2013. Stress level and coping strategies of college students. Journal of Physical Education and Sports Management, Vol. 4 (1), pp. 5-11

Li, C. T., Cao, J., & Li, T. M. H. 2016. Eustress or distress: an empirical study of perceived stress in everyday college life. UbiComp 16 Proceedings of the 2016 ACM International Joint Conference on Pervasive and Ubiquitous Computing: Adjunct. P:1209-1217.

Merdeka.com

Mcneelly C. 2010. The Teen Years Explained: A Guide to Healthy Adolescent Development. Center for Adolescent Health Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. 1: 40-8.

Monk, F. J., Knoers, A. M. P., Haditono, S. R. 2001. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Potter & Perry. (2005). Fundamental Of Nursing: Concept, Process, & Practice (Asih, Y. et. All, Penerjemah. Jakarta: EGC.

Purwati, S. 2012. Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga

Sekaran, Uma. (2006) Research Methods for business, Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, buku 1 edisi 4.

Sekaran, Uma. (2006) Research Methods for Business, Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, buku 2 edisi 4.

Shirom, A. (1986). Student Stress. Higher Education, Vol. 15, No. 6, pp. 667-676.

Sulistiawati. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC

Ubaidillah, A. (2013). Hubungan antara kesejahteraan psikologis dan penyesuaian diri terhadap stres akademik mahasiswa baru fakultas psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun Akademik 2013. http://psikologi.uin-malang.ac.id/publication (diakses 18 Febuari 2015)

Umasugi, M., Buamonabot. I., dan Anfas. (2015). Pengukuran Tingkat Stres Mahasiswa yang Belum dan Sudah Bekerja: Sebuah Studi Deskriptif. Jurnal Manajemen Sinergi-ISSN: 0177-5352, Vol. III, No.1, hal. 71-83.

Wirawan. 2012. Menghadapi Stres dan Depresi: Seni Menikmati Hidup Agar Selalu Bahagia. Platinum.

Yosep, I. (2007). Keperawatan Jiwa. Cetakan 1. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.33387/jms.v5i1.6730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia. 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.