Design of a Basic Chemistry Textbook for Biology Education Incorporating Science, Environment, Technology, and Society (SETS) and Integrating Islamic Values
Sari
Kata Kunci
Referensi
N. Jalinus and Ambiyar, Media dan Sumber Pembelajaran, First. Jakarta: Kencana, 2016.
J. B. Kelana and F. Pratama, Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: Lekkas, 2019.
W. Arianti, “pengembangan penuntun praktikum kimia dasar untuk mahasiswa pendidikan biologi universitas islam negeri (UIN) Alauddin Makassar,” Occup Med (Chic Ill), vol. 53, no. 4, p. 130, 2017.
N. Ayub et al., “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA Negeri 17 Halmahera Selatan,” Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA, vol. 6, no. 1, pp. 2087–3816, Mar. 2021.
P. Lestari, B. Mulyani, and D. S. Mulyani, “Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Berbasis Project Based Learning pada Materi Asam Basa terhadap Minat Kewirausahaan Siswa Kelas X SMK Kesehatan Donohudan Boyolali,” Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 11, no. 2, pp. 231–238, 2022.
K. Samiana, A. Binadja, and Saptorini, “Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah Bervisi SETS terhadap Keterampilan Generik Sains,” Chemistry in Education, vol. 2, no. 1, pp. 36–42, 2013.
E. Priyambodo, N. Fitriyana, M. Primastuti, F. Aquarisco, and D. Artistic, “The Role of Collaborative Learning Based STSE in Acid Base Chemistry: Effects on Students’ Motivation,” 2021.
S. Z. Rahma, S. Mulyani, and Moh. Masyikuri, “Pengembangan Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam di SMAI Surabaya pada Materi Ikatan Kimia,” Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), vol. 2, no. 1, p. 70, 2017, doi: 10.26740/jp.v2n1.p70-76.
R. Ningsih, “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Unity of Science pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X MA Walisongo Pecangan Jepara,” UIN Wlisongo Semarang, 2019.
S. A. Putri, “Hubungan Antara Religiusitas Nilai Nilai Islam dengan Kimia Dalam Materi Elektrokimia,” Jurnal Tadris Kimia, vol. 1, no. 1, pp. 12–21, 2022.
A. Muslim, F. Ibrahim, and U. Khairun, “Desain dan Uji Coba E-Modul Kimia Berbasis Flip PDF Corporate pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMK Muhammadiyah Negeri 1 Halmahera Tengah,” Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA, vol. 7, no. 1, pp. 1–5, Mar. 2022.
R. Andriani, “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Biologi Pada Matakuliah Kimia,” Jurnal Jendela Pendidikan, no. 3(1), pp. 74–82, Feb. 2023, doi: https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.413.
N. Lika, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit,” Journal of Research and Education Chemistry, vol. 3, no. 1, p. 43, May 2021, doi: 10.25299/jrec.2021.vol3(1).6473.
L. Khusnah, “Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS,” Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), vol. 2023, no. 2, p. 62, 2023, doi: 10.15642/ijsl.v4i2.3039.
D. Rakhmawati, M. Murdiono, S. P. Kawuryan, and R. Hidayah, “The Influence of Ecological Citizenship Teaching Materials to Improve Environmental Care: A Meta-Analysis,” International Journal of Environmental Impacts, vol. 8, no. 1, pp. 91–102, Feb. 2025, doi: 10.18280/ijei.080110.
Muzamil Hussain AL Hussaini and Tariq Hussain, “Impact of Environmental Factors on Student’s Educational Background and Their Future Performance,” International Journal of Scientific Multidisciplinary Research, vol. 1, no. 6, pp. 607–616, Jul. 2023, doi: 10.55927/ijsmr.v1i6.5021.
I. S. Zega and A. Darmana, “Implementasi Bahan Ajar Hidrolisis Garam Terintegrasi Nilai-Nilai Islami dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar Siswa,” JURNAL INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA (Journal Of Innovation in Chemistry Education), no. 1(2), pp. 64–73, Oct. 2019, doi: https://doi.org/10.24114/jipk.v1i2.15477.
V. Aswie, “Mengintegrasikan Karakter Religius pada Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Sistem Periodik Unsur,” JENTRE, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, Jun. 2023, doi: 10.38075/jen.v4i1.322.
F. Zahra and dan Ira Susanti, “Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry dalam Mengintegrasikan Ilmu Kimia dengan Al-Qur’an dan Hadist,” JIPK, vol. 17, no. 2, 2023, doi: https://doi.org/10.15294/jipk.v17i2.37808.
R. Zulkarnain, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep Bahan Ajar Cetak pada Mata Kuliah Evaluasi Program Pendidikan Nonformal,” Jurnal Obor Penmas Pendidikan Luar Sekolah, no. 3(1), pp. 214–222, Apr. 2020.
M. Otania and N. Berkat Asi, “Pengaruh Pemberian Latihan Soal Terstruktur Setelah Pembelajaran Langsung Terhadap Pemahaman Konsep Ikatan Kovalen Pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Palangka Raya Tahun,” 2019. doi: https://doi.org/10.37304/jikt.v10i1.24.
Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, “Panduan-Pengajuan-Usulan-Program-Hibah-Penulisan-Buku-Ajar-Tahun-2019,” 2019.
A. Lutfi, N. Q. Aini, N. Amalia, P. A. Umah, and M. D. Rukmana, “Gamifikasi untuk Pendidikan: Pembelajaran Kimia yang Menyenangkan pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, no. 5(2), pp. 94–101, Aug. 2021, doi: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.38486.
N. F. Handayani and A. Yani Banjarmasin, “Pengaruh Media Gambar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Ajung Kabupaten Balangan,” Jurnal Terapung : Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 4, no. 2, 2022.
N. Siradjudin, J. Suratno, and Pamuti, “Pengembangan Laboratorium Virtual Biologi Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikatif Mahasiswa,” Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA, vol. 5, no. 2, 2020.
R. H. P. Hery, Hastati Widyaningrum, and Asri Widowati, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 3 Bangutapan Tahun Pelajaran 2022/2023,” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), vol. 8, no. 2, pp. 49–58, Mar. 2024, doi: 10.24905/psej.v8i2.185.
F. M. Thahir, A. Tanra Tellu, and M. Jamhari, “Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu (The Influence of Teachers Against Inquirys Skills Critical Thinking Skills and Learning Outcomes in Biologi Education Class VIII SMP Negeri 18 Palu),” Jurnal Riset Pendidikan MIPA, vol. 1, no. 1(1), pp. 31–39, 2017, doi: 10.22487/j25490192.2017.v1.i1.pp31-39.
K. S. W. Brinus et al., “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP,” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 8(2), 2019, doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.558.
Direktorat Jendal Minyak dan Gas Bumi, “Tingkatkan Produksi, Tekan Emisi, dan Transisi Sumber Energi,” JURNAL MIGAS, vol. 8, pp. 23–25, Dec. 2021. [Online]. Available: www.migas.esdm.go.id
E. K. Gestarini, W. Santyasa, and M. Kirna, “Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa,” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, no. 8(2), pp. 19–31, 2018, doi: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i2.2274.
Y. S. Utami, “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 2, no. 2(1), pp. 104–109, 2020.
E. N. Aini, “Tingkat Keefektivitasan Pemanfaatan Media Gambar terhadap Nilai Hasil Pembelajaran IPA Siswa Kelas 2 MI Mamba’ul Huda (Level of Effectiveness of Image Media Utilization Towards the Value of Science Learning Results for Class 2 MI Mamba’ul Huda),” Sittah: Journal of Primary Education, vol. 1, no. 2, pp. 219–230, Oct. 2020, doi: https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.3871.
E. Eryandi, “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan Karakter di Era Digital,” Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, pp. 12–16, Mar. 2023, doi: 10.62070/kaipi.v1i1.27.
M. A. Naila, S. N. Azizah, and F. Lubis, “Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar pada Proses Belajar Mengajar Kelas 11 IPA 5 SMAN 5 Medan,” HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, vol. 1, no. 1(2), pp. 557–563, 2024, doi: https://doi.org/10.57235/hemat.v1i2.2738.
V. S. Anita Nugraheni, D. Feri Sartika, A. Sri Winarni, I. Sih Utami, and A. Nugraheni, “Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD,” Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, vol. 10, no. 10(1), pp. 39–48, 2023.
M. E. Korompis, P. E. Hansiden, and B. F. Supit, “Environmental-Based Learning in Studying Global Issues on Students of the Social Studies Education Faculty of Social Sciences Manado State University,” 2023, pp. 1860–1867. doi: 10.2991/978-2-494069-35-0_223.
E. D. Susanti, B. Astuti, B. Asy Syarifah, P. Popilaya, and N. Azizah, “Analisis Motivasi Belajar Siswa terhadap Penggunaan Bahan Ajar Fisika Terkomplementasi Ayat Al-Qur’an,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 169–174, 2019, doi: https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38276.
J. van de Wetering, P. Leijten, J. Spitzer, and S. Thomaes, “Does environmental education benefit environmental outcomes in children and adolescents? A meta-analysis,” Jun. 01, 2022, Academic Press. doi: 10.1016/j.jenvp.2022.101782.
Y. Asi, Abudarin, and N. Berkat Asi, “Pengaruh Pemberian Latihan Soal Terstruktur Setelah Pembelajaran Langsung Terhadap Pemahaman Konsep Ikatan Ion Pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Palangka Raya Tahun,” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, vol. 10, no. 1, pp. 104–111, 2019, doi: https://doi.org/10.37304/jikt.v10i1.25.
A. Husin, H. Helmi, Y. K. Nengsih, and M. Rendana, “Environmental education in schools: sustainability and hope,” Discover Sustainability, vol. 6, no. 1, Dec. 2025, doi: 10.1007/s43621-025-00837-2.
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v10i2.10677
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Sultan Baabullah Airport Street, Campus-1 Universitas Khairun
Akehuda sub-district, North Ternate district, Ternate City 97728
Contact:
saintifika@unkhair.ac.id
+62 857 3577 5015 (Aji Saputra, M.Pd)
+62 823 6233 7804 (Hutri Handayani Isra, M.Pd)

