Analysis of Junior High School Students’ Learning Outcomes on the Concept of Heat and Its Changes
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
S. Syamsuar, and R. Reflianto. “Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0.” E-Tech, vol. 6, no. 2, 2018, doi:10.24036/et.v2i2.101343.
E. Y. Wijaya, D. A. Sudjimat and A. Nyoto.” Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol. 1, No. 26, 2016, pp. 263-278.
S. Sudarisman. “Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013.” Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. 2015. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403
M. Thobroni and A. Mustofa. “Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan wacana dan praktik pembelajran dalam pembangungan nasional.” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2013
Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X MIPA dalam pembelajaran fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 53-55.
H. R. Rizkia, et.al. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate Pada Konsep Getaran Dan Gelombang.” SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1). 2025. https://doi.org/10.33387/saintifik.v10i1.9799
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776
Gazali, E. (2018). Pesantren di antara generasi alfa dan tantangan dunia pendidikan era revolusi industri 4.0. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 94–109.
Griffin, P., Care, E., & McGaw, B. (Eds.). (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Methods and Approaches. Dordrecht, Netherlands: Springer.
Ennis, R. H. (2011). “Critical Thinking: Reflection and Perspective, Part I.” Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(1), 4–18
Liberna, H., & Nusantari, D. O. (2018). The influence of macromedia flash learning on the students’ mathematic concept understanding. Journal of Mathematics Education, 3(1), 1-6.
Parlan, P., & Fernanda, O. D. (2021, March). Profile of 11th-grade students’ critical thinking skills in the reaction rate topic and their relationship with learning outcomes. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2330, No. 1). AIP Publishing.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. (59)
Karim, K., & Normaya, N. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Sari, A. A., & Rusli, M. A. (2024). Analisis Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP pada Aspek Kognitif Level Menerapkan (C3) pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. 7.
Hatina, N., dkk (2023). Analisis Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di Smp Negeri 5 Kota Ternate. SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1). https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i1.6222
Sintya, R. E. I., & Hidayatullah, M. M. S. (n.d.). Analisis Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Fisika Kelas XI IPA Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Reflection Journal, 5(1), 99–105. https://doi.org/10.36312/rj.v5i1.2819
A. Mafaza Kanzul Fikri, Sudarti, S., & Rif’ati Dina Handayani. (2022). Analisis Deskriptif Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa MA Unggulan Nurul Iman Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor dengan Menggunakan Taksonomi Bloom. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 214–219. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.581
Hairun, Y. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1). https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3641
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v10i2.10791
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Sultan Baabullah Airport Street, Campus-1 Universitas Khairun
Akehuda sub-district, North Ternate district, Ternate City 97728
Contact:
saintifika@unkhair.ac.id
+62 857 3577 5015 (Aji Saputra, M.Pd)
+62 823 6233 7804 (Hutri Handayani Isra, M.Pd)

