PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA- FISIKA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 1 TERNATE
Marni Mansur, Astuti Salim
Sari
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yakni penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk memperbaiki mutu pelaksanaan pembelajaran di kelasnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya capaian hasil ulangan harian dan aktivitas siswa. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Kota Ternate dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah classroom action research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pelaksanaan dua siklus . Alur penelitian PTK terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, data yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
           Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PTK) dapat meningkatkan hasil belajar IPA Fisika. Dari hasil ini diperoleh data hasil belajar pada siklus I sebesar (76,23%), dan siklus II sebesar (89,45%) dan peningkatan nilai rata-rata kelas ini dari siklus I ke siklus II sebesar (13,22 %)
ÂÂ
Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), hasil belajar IPA-Fisika