KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Nurma Angkotasan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  keefektifan model Problem-Based Learning ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis  pada siswa SMA Negeri 5 Kota  Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, yang terdiri dari satu kelompok  eksperimen. Adapun sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas XII IPA1 SMA N 5 Kota Ternate. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang terdiri atas soal tes kemampuan  berpikir reflektif matematis. Untuk mengetahui keefektifan model Problem-Based Learningpada variabel  kemampuan berpikir reflektif matematis digunakan uji one samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem-Based Learningefektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.

 

Kata kunci:  Model Problem-Based Learning, kemampuan berpikir reflektif  matematis.


Teks Lengkap:

Hal. 28-35


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v3i1.1095

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â